Belajar Bagaimana Cara Cepat Menjadi Webmaster

 0
Belajar Bagaimana Cara Cepat Menjadi Webmasterby Adminon.Belajar Bagaimana Cara Cepat Menjadi WebmasterPernahkah terlintas di benak anda ketika sedang browsing di internet bagaimana sebuah website dibangun ? Apakah anda tertarik dengan pembuatan website di internet ? Kalau anda tertarik dan ingin mengetahui lebih lanjut, maka jawabannya adalah jadilah seorang webmaster. Profesi ini masih terbilang baru dan cukup aneh di mayoritas kalangan masyarakat indonesia. Khususnya orang – orang […]

jasa pembuatan website toko online murah kaskus jakarta di surabaya 300x225 Belajar Bagaimana Cara Cepat Menjadi WebmasterPernahkah terlintas di benak anda ketika sedang browsing di internet bagaimana sebuah website dibangun ? Apakah anda tertarik dengan pembuatan website di internet ? Kalau anda tertarik dan ingin mengetahui lebih lanjut, maka jawabannya adalah jadilah seorang webmaster. Profesi ini masih terbilang baru dan cukup aneh di mayoritas kalangan masyarakat indonesia. Khususnya orang – orang yang kurang begitu mengenal internet dan perkembangan teknologi informasi. Walaupun demikian, seiring dengan perkembangan zaman serta pertumbuhan dan peningkatan di bidang ekonomi terutama yang berhubungan dengan IT, profesi ini cukup banyak diminati karena tidak lain lowongan pekerjaan webmaster yang masih sangat terbuka dan dibutuhkan.

Jadi apa sih sebenarnya webmaster itu ? Webmaster adalah orang yang bertanggung jawab dan diberikan kepercayaan untuk membuat, merawat, serta memperbaiki sebuah website. Sebenarnya Webmaster merupakan profesi yang paling utama dan paling mahir dalam dunia website, ada juga profesi lain yang juga berkontribusi dalam pembuatan website namun ruang lingkupnya lebih sempit, contohnya Web Animator yang bertugas untuk membuat animasi pada website sehingga profesi ini membutuhkan orang yang minimal mahir di software animasi seperti Adobe Photoshop, Action Script, atau Adobe Flash. Selanjutnya yaitu profesi web programming yang bertugas dalam membuat kode pemrograman dalam suatu website sesuai dengan yang diperintahkan. Tentu seorang web programmer harus mengerti bahasa pemrograman minimal seperti Database Oracle, PostgreSQL, MySql, Ajax, Java, ASP, PHP, Javascript, CSS, HTML, dan lainnya.

Profesi berikutnya yakni orang yang bertugas untuk membuat atau mendesain tampilan grafis dalam website seperti mendesain layout tampilan halaman website, membuat logo, membuat gambar pendukung, mengedit foto, dan lainnya. Profesi ini sering kita kenal sebagai Web Designer, jika anda berminat untuk menggeluti profesi ini, anda harus mahir mengoperasikan program software desain grafis seperti Dreamweaver, Frontpage, HTML, Javascript, CSS, Adobe Flash, Adobe Ilustrator, dan Adobe Photoshop. Yang terakhir yaitu Web Developer. Profesi ini memiliki tugas untuk mewujudkan apa yang menjadi keinginan klien dalam membuat sebuah website. Seorang atau sebuah tim Web Developer harus mampu menguasai segala yang dibutuhkan untuk membuat website yang memenuhi ekspektasi konsumen. Keahlian profesi ini menggabungkan tugas dari web programming dan web designer.

Sebagai seorang webmaster, adalah sangat penting untuk berbicara atau berkonsultasi dengan si pelanggan mengenai seperti apa website yang diinginkan. Dari hasil pembicaraan tadi, webmaster akan dapat menarik kesimpulan mengenai apa yang harus dilakukan dan teknologi apa yang akan digunakan. Berikut adalah ulasan zmurah mengenai tools atau program yang cocok untuk digunakan dan disesuaikan untuk keinginan klien.

Web Dinamis berbasis HTML

HTML merupakan bahasa pemrograman website paling dasar serta paling lama juga paling mudah untuk dipelajari di dunia internet. Hampir sebagian bahasa pemrograman pembuat halaman web yang saat ini digunakan dan baru dibuat kebanyakan mengacu kepada HTML. Namun, karena keterbatasan dan variasi dari kode HTML yang sudah sedikit ketinggalan zaman menyebabkan HTML tidak digunakan secara murni (atau istilahnya pakai HTML Saja), sehingga harus ada penyempurnaan dan penerapan dari bahasa pemrograman website lain. Namun, penggunaan HTML secara murni dapat digunakan untuk membuat website sederhana yang tidak terlalu banyak memiliki fitur yang rumit seperti website perusahaan Company Profile yang sederhana atau profil lainnya yang intinya hanya menampilkan dan memajang informasi saja di internet.

Website berbasis kombinasi HTML, PHP, JavaScript, ASP, CSS, Ajax, dan Database.

Keinginan konsumen terkadang banyak macam dan rupanya serta terkadang pula tidak dapat diakomodasi hanya dengan satu bahasa pemrograman saja. Bisa saja mereka meminta untuk dibuatkan fitur yang memang memerlukan penggunaan antar lintas bahasa pemrograman. Hal ini sering dan lumrah di kalangan pembuat website jadi tidak heran kalau seorang webmaster harus mengerti serta menguasai semua bahasa pemrograman website agar anda tidak dimarahi oleh klien yang sudah membayar (kata kunci = sudah membayar).

Dari kombinasi inilah anda akan dapat membuat suatu sistem yang mampu menjalankan serta menampilkan sebuah website yang dapat menjawab ekspektasi klien. Hampir semua web developer professional dari seluruh dunia menguasai semua atau minimal beberapa bahasa pemrograman ini. Zmurah tidak akan membahas hal teknis secara mendalam dari setiap bahasa ini (karena mungkin akan lebih rumit dan menjengkelkan bagi anda) namun kita akan kasih tahu garis besar apa saja fungsi dan penggunaan dari bahasa atau kode ini.

Javascript atau js sering digunakan untuk membuat fitur yang bersifat tertentu pada halaman website seperti validasi halaman, membuat animasi sederhana, membuat halaman login atau formulir, dan membuat buku tamu. PHP merupakan bahasa pemgrograman yang digunakan untuk menghubungkan serta memproses data yang dikirimkan oleh pengunjung dari halaman website ke database yang terdapat di dalam server. Database ini dapat berisi data – data yang dibutuhkan contohnya data untuk akun member dan lainnya. Database yang sering digunakan yaitu PostgresSQL, MySql, Firebrid, Sybase, Microsoft SQL Server, dan Oracle. Karena PHP membutuhkan database yang notabene hanya dapat berjalan di komputer server yang sudah terinstall Apache, komputer biasa tidak dapat mengolah file php dan database sehingga dibutuhkan komputer yang memiliki aplikasi server side untuk menjalankannya. Aplikasi yang biasa digunakan oleh para webmaster untuk kompilasi website berbasis PHP yaitu XAMP, WAMP, AppServ, atau PHP Triad. Adapun website yang dapat menjadi referensi dalam belajar membuat website diantaranya sebagai berikut.

- Belajar HTML dasar lengkap untuk pemula : w3school.com, html.net
- Belajar javascript dari dasar hingga mahir : learn-javascript-tutorial.com, javascriptmall.com
- Belajar PHP dari awal : php-scripts.com, phpbuddy.com, learnphp.org
- Belajar ASP.net untuk pemula : programmingtutorials.com, asp.net, learnasp.com
- Panduan tutorial belajar css dan html bootstrap responsive : csseasy.com, learn-css-tutorial.com.

Kalau anda sudah menguasai bahasa pemrograman diatas, maka anda dapat mengaplikasikan hasil berguru anda kepada klien dengan membuka jasa desain website murah di surabaya, jogja, bandung, jakarta, atau kota lainnya. Nah sebelum kita membahas soal usaha jasa pembuatan website toko online murah profesional terbaik, ada baiknya kita melanjutkan bahasan seputar tips membuat website yang menarik terlebih dahulu.

Belajar membuat website CMS

Setelah penguasaan atas web programming, anda dapat membangun sistem website sendiri. Kelemahannya adalah waktu yang dibutuhkan untuk membangun sebuah website dari nol itu sangatlah lama dan pekerjaan yang melelahkan. Namun anda tidak perlu khawatir, karena saat ini sudah banyak sistem website yang dijual atau bahkan dibagikan gratis untuk kepentingan dalam membuat website agar lebih mudah serta cepat. Sistem website ini dinamakan CMS yang merupakan singkatan dari Content Management System. Ada banyak developer yang membagi atau menjual CMS, tentu ada kelebihan dan kekurangannya ketika akan menggunakan CMS. Anda dapat mencoba satu per satu mana CMS yang cocok dan sesuai dengan keinginan. Untuk menyingkat waktu, Zmurah akan memberikan beberapa CMS yang umum digunakan beserta fungsi juga fiturnya.

Tutorial cara membuat website dengan menggunakan cms wordpress cocok untuk anda yang ingin membuat situs dengan fitur artikel yang dinamis. CMS WordPress merupakan sistem website yang paling banyak digunakan saat ini karena apalagi kalau bukan gratis. Selain itu, penggunaan yang mudah serta banyaknya plugin membuat para developer website yang awam sekalipun paham cara mempublikasikan informasi mereka tanpa harus mengerti kode pemrograman. Selain wordpress, CMS alternatif yang memiliki fitur blog diantaranya yakni FlatPress, PivotX, Serendipity, Chyrp, Nucleus, Nibbleblog, Textpattern, b2evolution, Movable Type, Pixie, Dotclear, eggBlog, Open Blog, Ghost, dan LifeType.

Tidak puas dengan fitur yang dimiliki cms blog diatas ? Kenapa tidak coba CMS yang memang dibuat khusus untuk website kelas menengah. Mungkin cara membuat website dinamis dengan joomla bisa menjadi pilihan anda. Joomla merupakan platform website dengan fitur lebih banyak dan lengkap serta mampu menangani sistem administrasi data yang lebih banyak. Yang artinya juga cara menggunakannya lebih rumit, kompleks, dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mempelajari sistemnya. Namun, sangat cocok untuk website yang mengolah dan memproses data dengan jumlah banyak dengan traffic pengunjung yang berlimpah contohnya seperti website portal berita atau website perusahaan terintegrasi. Bila tidak cocok dengan Joomla, anda juga dapat mencoba alternatif lainnya semacam Zikula, Sitemagic CMS, Xoops, Quick.CMS, ImpressCMS, Concrete5, Tiki Wiki CMS Groupware, Fork, Pluck, MODX, Open Real Estate, Drupal, SiteCake, Redaxscript, Pligg, Croogo, SilverStripe, Silex, Mambo, Typo3, phpwcms, jCore, Website Baker, BIGACE, Pimcore, ImpressPages, Saurus, Contao, ocPortal, Mahara, Geeklog, razorCMS, Tribiq, PHP-Nuke, Jamroom, Bolt, Monstra, PHP-Fusion, PyroCMS, CMS Made Simple, Subrion, sNews, ProcessWire, SeoToaster CMS, dan e107.

harga jasa pembuatan website wordpress murah bandung jogja 300x174 Belajar Bagaimana Cara Cepat Menjadi Webmaster

Jika anda disuruh mendesain web komunitas atau forum, berikut adalah CMS yang cocok untuk website forum komunitas diantaranya yaitu XMB, miniBB, phpBB, FUDforum, FluxBB, SMF, PunBB, MyBB, bbPress, Vanilla, AEF, dan Phorum. Jika anda ingin mencari cms toko online indonesia gratis terbaik paling mudah yaitu lokomedia. Alternatif lainnya yaitu Loaded 7, CS-Cart, Zeuscart, WHMCS, PrestaShop, AlegroCart, Shopware, Quick.Cart, SeoToaster Ecommerce, Blesta, OpenCart, SimpleInvoices, Thelia 2, Magento, Open Source Point of Sale, X-Cart, Axis, ShopSite, phpCOIN, TheHostingTool, BoxBilling, Invoice Ninja, AbanteCart, osCommerce, Avactis, Open eShop, TomatoCart, CubeCart, LiteCart, ClientExec, dan Zen Cart. Masih banyak lagi CMS yang dibuat untuk fitur serta kegunaan lainnya. Tergantung dari anda apakah akan menggunakannya atau memang ingin membuat cms dari nol.

Setelah memilih atau membuat sistem website yang diinginkan, kini saatnya anda berpikir bagaimana cara agar website itu dapat diakses oleh khalayak ramai. Komputer dengan kemampuan menjalankan skrip eksekusi data pada website lah yang mampu membuat online. Komputer tersebut dikenal dengan Web Server. Sebenarnya komputer anda juga dapat menjalankan fitur web server asalkan memiliki program yang mampu menjalankan web server, program itu bernama Information Internet Services alias IIS (jika anda menggunakan pc dengan os windows). Sedangkan yang paling sering digunakan adalah Apache yang biasa digunakan pada awalnya di os Linux walau kenyataannya sekarang juga dapat diinstal di windows.

Tentu anda berpikir bahwa agar supaya website itu mampu menyala selama 24 jam tentu komputer yang menyimpan file website tersebut juga harus menyala 24 jam. Mungkin anda berpikir hal itu akan membuat komputer anda cepat rusak karena dinyalakan terus menerus. Tapi tenang, saat ini banyak jasa penyewaan komputer untuk web server atau yang familiar disebut dengan jasa sewa web hosting. Mereka memiliki komputer dengan spesifikasi khusus serta koneksi internet yang mampu menyala selama berbulan-bulan tanpa dimatikan lalu kemudian menyewakan bagi siapa saja yang ingin menyimpan file website agar dapat diakses 24 jam kapan saja dan darimana saja. Rekomendasi perusahaan yang melayani jasa web hosting terbaik indonesia dapat anda lihat pada artikel sebelumnya dengan menuju klik disini.

Langkah selanjutnya adalah bagaimana cara orang agar dapat mengakses website yang telah online tersebut. Caranya yaitu mendaftarkan alamat website itu pada juragan internet. Yang dimaksud juragan disini adalah ICANN, yaitu organisasi pengelola dan bertanggung jawab atas keberadaan jaringan internet di seluruh dunia yang kerjaan sampingannya juga menyediakan alamat untuk mengakses suatu website. Alamat ini dikenal dengan nama Domain. Familiar di telinga bukan ? Sayangnya sang juragan tidak menjual domain secara eceran sehingga anda harus membeli domain di penyedia registrant domain yang sudah ditunjuk. Lalu apa hubungan antara domain dan jasa web hosting ? jelas ada hubungan, karena kebanyakan penyedia web hosting juga menjual domain selain menambah pendapatan juga membantu anda agar tidak perlu repot mengintegrasikan domain ke server web hosting mereka.

Akan lebih mudah bila anda lebih jelasnya belajar sambil mengikuti kursus webmaster murah di jakarta barat, yogyakarta, medan, atau surabaya. Atau kalau ingin mendalaminya lagi dapat mengikuti kuliah di jurusan IT alias sistem informasi atau web programming di universitas yang memang punya fakultas itu seperti Universitas Mercubuana, Presiden, Pasundan, Kristen Maranatha, Kristen Satya Wacana, Amikom, Pelita Harapan, Bunda Mulia, Widyatama, Atmajaya, Tarumanegara, Kristen Duta Wacana, Bina Nusantara, Budi Luhur, Mpu Tantular, Kristen Petra, dan Gunadarma. Kalau tidak punya cukup modal untuk biaya kuliah/kursus/sekolah, anda bisa belajar buat website online sendiri percuma gratis melalui situs codeacademy.com. Kebetulan saya juga belajar dari sana, memang pelajarannya terbatas karena hanya melalui tutorial yang sudah ada dan butuh koneksi internet. Namun, anda dapat belajar membuat website dari halaman sederhana hingga yang tingkat lebih mahir. Tidak ada salahnya untuk mencoba, selagi gratis.

Nah, sekarang anda sudah sekilas mengetahui beragam bahasa pemrograman website, apa itu cms, web server, dan domain. Kini saatnya anda mulai menjalankan usaha anda. Masih belum ada klien ? Tenang, Zmurah akan kasih tahu tips promosi cara cepat menjadi webmaster agar dapat punya banyak klien.

1. Punya website pribadi supaya orang bisa tahu kalau anda bisa desain atau bikin website yang oke.
2. Rajin ngobrol dan aktif membantu atau berkontribusi di forum komunitas internet terkenal di indonesia semacam kaskus serta milis juga social network. Tapi isinya jangan promosi mulu nanti dikira spam. Kalau sudah punya banyak teman yang percaya, baru anda tawarkan jasa desain website anda.
3. Aktif di lingkungan sekitar, kalau kata pepatah banyak silaturahmi banyak rezeki. Barangkali dari hasil basa basi itu ada tetangga yang tertarik untuk dibuatkan website.
4. Punya portofolio yang oke. Oke disini maksudnya punya klien yang sudah punya nama. Sebenarnya tidak harus klien perusahaan besar, cukup ada beberapa klien agar sebagai gambaran bagi calon konsumen kalau anda sudah punya pengalaman menangani proyek pembuatan website. Testimonial klien yang puas juga sangat membantu untuk mendongkrak nilai anda di depan calon klien.
5. Pasang iklan bisa jadi solusi paling cepat sekaligus paling mahal dalam mendatangkan pengunjung. Pasang iklan bisa di Google Adwords, Facebook Ads, dan lainnya. Kalau anda tahu peluang, cara konvensional pun masih dapat dijalankan seperti pasang iklan di koran, bagikan brosur, pasang pamflet, dan lainnya.

Contoh paket situs yang sering dipesan biasanya jasa pembuatan website toko online murah kaskus, website travel dan tur wisata, tanaman, rental mobil, pulsa, makanan, kosmetik, konveksi, elektronik, komputer, kesehatan, perlengkapan dan peralatan rumah tangga, make up artis, event organizer, pernikahan atau wedding organizer, desain interior, furniture, fotografi, fashion, perlengkapan bayi dan anak, hewan, berita, agama, desain grafis, percetakan, organisasi, musik, property, motor, mobil, aksesoris, otomotif, company profile perusahaan, pesan penginapan dan booking hotel, institusi pendidikan, pemerintahan, dan militer.

Tidak lupa juga agar anda selalu memperhatikan dan membuat sistem keamanan website yang baik agar tidak perlu repot ketika ada serangan dari orang yang memang tidak ada pekerjaan lain selain mengganggu bisnis orang lain. Sebenarnya sangat sederhana namun banyak webmaster yang tidak memperhatikan dan cenderung kelupaan dalam hal ini. Cara yang sering dilakukan yaitu dengan membuat password yang sulit ditebak dan panjang, melakukan konfigurasi setting pada server, selalu memperbaiki celah bug atau bila anda menggunakan cms agar selalu memperbaharui update patch dengan yang paling baru, dan yang terakhir yaitu rutin periksa kontrol akses pada file manager dan database.

Akhir kata semoga anda dapat menjadi seorang webmaster yang profesional dan mampu memberikan pelayanan yang terbaik tidak hanya untuk klien tetapi juga turut membangun negara ini agar lebih maju dalam ilmu teknologi informasi.

Related Posts