Cara Menjadi Desainer Profesional yang Sukses

 0
Cara Menjadi Desainer Profesional yang Suksesby Adminon.Cara Menjadi Desainer Profesional yang SuksesSebuah desain objek merupakan tahap awal yang mendasar dan lekat dengan setiap aspek kehidupan manusia. Mungkin anda akan berpikir bagaimana cara membuat dan mengolah suatu desain yang indah ketika menikmatinya. Menjadi seorang desainer tidak hanya terbatas dalam hal pekerjaan. Berikut adalah panduan cara bagaimana langkah atau tahapan menjadi seorang desainer sukses yang profesional. Belajar Desain […]

Sebuah desain objek merupakan tahap awal yang mendasar dan lekat dengan setiap aspek kehidupan manusia. Mungkin anda akan berpikir bagaimana cara membuat dan mengolah suatu desain yang indah ketika menikmatinya. Menjadi seorang desainer tidak hanya terbatas dalam hal pekerjaan. Berikut adalah panduan cara bagaimana langkah atau tahapan menjadi seorang desainer sukses yang profesional.

desainer profesional sukses 300x225 Cara Menjadi Desainer Profesional yang Sukses

Belajar Desain dari Dasar

Coba untuk berpikir secara kritis mengenai objek di sekitar anda, Bagaimana objek tersebut dirancang. Temukan apa yang anda suka dan tidak sukai dari suatu desain objek. Lalu kemudian anda dapat membuat atau merubah desain objek tersebut menjadi lebih baik sesuai keinginan anda.

Saat ini, hampir seluruh objek buatan manusia dirancang oleh desainer, seperti di industri fashion, industri grafis, dan lainnya. Tentu anda harus memperhatikan fungsi serta tujuan desain yang diinginkan, jangan dilihat hanya dari perspektif anda.

Cobalah untuk berlatih membuat desain dengan spesifikasi tertentu dan mengentahui bagaimana cara kerja suatu objek. Seperti jika anda melihat suatu karya desain grafis, selalu perhatikan bagaimana proporsi warna, goresan garis, teks, dan bentuk desain yang disukai, kemudian apa pesan yang ingin disampaikan.

Desain Sebagai Solusi

Bagaimana suatu desain objek menjadi solusi pemecahan masalah akan kebutuhan manusia. Desain berbeda dengan karya seni yang hanya enak dipandang, tapi juga harus memiliki fungsi dan mengatasi solusi. Seperti suatu desain grafis berupa logo yang dapat membantu suatu perusahaan atau merek menjadi lebih mudah diterima di masyarakat, atau suatu desain pakaian selain berfungsi untuk menutupi tubuh juga harus memiliki tampilan yang menarik, atau desain dashboard sebuah mobil yang dirancang untuk memudahkan pengemudi dalam membaca speedometer selain mempercantik tampilan interior dalam mobil.

Berlatih Komunikasi dengan Metode Visual

Seorang desainer harus mampu membuat suatu objek desain yang dapat menjelaskan atau mempresentasikan suatu pesan kepada klien dan masyarakat. Dengan cara belajar membayangkan pesan visual yang ingin disampaikan oleh anda.

Mempelajari Bagaimana Suatu Objek Dibuat

Sebagai seorang desainer, anda tidak hanya mempertimbangkan tampilan sesuai dengan keinginan anda saja, tetapi juga harus mempertimbangkan bagaimana suatu desain diaplikasikan ke objek yang diinginkan.

Cari Referensi Informasi

Seorang Desainer tentu memiliki keterbatasan dalam berpikir. Oleh karena itu, anda dapat mencari sumber referensi desain dari buku, majalah, internet, dan lainnya. Jangan hanya melihat dari tampilan saja, Namun juga pelajari prinsip, proses, dan metode yang digunakan dalam membuat desain itu.

Belajar dari Desainer Favorit Anda

Cari tahu sisi teknik mereka dalam mendesain, filosofi pribadi, kebiasaan bekerja, dan latar belakang pendidikan mereka yang memberikan suatu wawasan dalam mencapai ambisi memperoleh suatu desain yang diinginkan.

Masuk Sekolah Desain

Sekolah desain bisa jadi merupakan cara cepat dan paling bagus dalam mempelajari ilmu mengenai teknik desain, mengetahui kebiasaan kerja yang baik, dan memperluas jaringan dengan teman desainer di sekolah.

Jangan Terlalu Obsesif

Jangan terlalu memaksakan obsesi anda bila tidak yakin dengan jenis desain yang akan dikerjakan. Terkadang mood serta minat ketika mendesain bisa menjadi sesuatu yang tidak diantisipasi ketika anda akan masuk ke jalur karir desainer.

Mengembangkan Kemampuan Desain

Cari proyek untuk dapat mengaplikasikan desain yang akan kita buat kepada klien. Banyak belajar dan praktek sebenarnya baik, tetapi anda harus mengambil keputusan berani untuk melangkah ke jenjang pengalaman di dunia nyata.

Mempelajari Kolaborasi yang Benar

Seorang Desainer profesional tidak akan bekerja sendiri, anda akan lebih sering bekerja dengan orang lain dalam tim, dan seorang desainer profesional harus tahu bagaimana cara membagi dan mempercayakan suatu pekerjaan kepada teman dalam satu tim. Anda harus selalu bersikap kooperatif agar pekerjaan dapat lebih mudah dan cepat untuk diselesaikan. Jangan meremehkan ide orang lain, terkadang ide teman dalam satu tim lebih baik dari anda. Kolaborasi dalam satu tim juga dapat membuat suatu keputusan dapat dilaksanakan dengan efisien. Mungkin anda akan mendapatkan keuntungan dari hasil perspektif orang lain. Jangan memaksa untuk melakukan segala sesuatunya sendiri. Belajarlah untuk berkompromi.

Jangan Takut untuk Desain Sendiri

Jangan khawatir untuk membuat gaya desain dari ide sendiri. Sangat penting untuk memelihara dan mengembangkan ciri khas yang anda miliki. Namun jangan panik bila anda tidak dapat memutuskan suatu ide desain sesuai dengan keinginan anda. Ikuti saja alurnya.

Memperbaiki Kesalahan dengan Cepat

Jangan fokus terlalu lama pada suatu proyek, apalagi jika anda baru mulai membuat. Sebagai seorang desainer yang baru memiliki sedikit pengalaman, anda mungkin akan membuat banyak kesalahan. Perbaiki segera akan mempercepat suatu proyek akan selesai.

Selalu Terbuka Menangkap Ide Cemerlang

Carilah inspirasi dimana saja dengan menggunakan kamera dan sketsa anda, kumpulkan desain menarik yang anda temukan di lingkungan sekitar. Inspirasi tidak hanya datang dari tren atau desain lain. Bisa berasal dari alam atau ketika terjadi sesuatu yang kebetulan. Simpan semua ide desain anda ke dalam sebuah arsip koleksi secara teratur.

Selalu Jaga Keseimbangan Mood Anda

Tidak baik dalam merancang suatu desain dari pagi hingga malam lalu ketemu pagi lagi, jadi jangan takut ketika mood dan semangat anda berkurang ketika mendesain suatu objek. Keluar dari kantor lalu cari inspirasi dan udara segar.

Selalu Bersikap Positif

Terkadang anda akan mendapatkan komentar negatif mengenai desain yang telah dibuat dengan susah payah, namun harus diingat bahwa semua ini adalah proses pembelajaran. Jangan takut bila terkadang hasil desain anda buruk. Pengalaman kesalahan terkadang bisa menjadi guru terbaik ketimbang keberhasilan. Jangan menerima Kritik pribadi hanya karena alasan seseorang tidak suka dengan kelakuan anda. Jadilah seorang desainer yang terbuka untuk saran perbaikan bila mendapatkan reaksi negatif. Dengar pendapat dari berbagai kalangan karena tidak mungkin semua orang menyukai hasil desain anda.

Tahu Kapan Harus Beristirahat

Terkadang anda harus membiarkan kosong dan tenang pikiran serta jiwa. Rehat sejenak dapat memulihkan perspektif segar untuk kemudian diaplikasikan kepada pekerjaan desain yang akan anda lakukan.

Mampu Menjual Desain Anda

Anda harus memiliki sebuah portofolio. Portofolio adalah galeri karya keterampilan desain anda, hal ini penting dan akan ditanyakan ketika sedang melakukan interview kerja. Selalu tunjukan hasil karya terbaik anda sebagai bukti bahwa anda seorang desainer profesional yang mampu. Hindari terlalu banyak menjelaskan desain atau menunjukan desain yang belum selesai. Cobalah untuk membuat portofolio dalam bentuk online, seperti website pribadi yang menampilkan galeri karya desain. Hal ini dapat menarik klien potensial lebih banyak dan mereka dapat melihat hasil pekerjaan anda lebih nyaman tanpa harus memanggil anda untuk datang ke kantor mereka.

Desain Sebagai Bisnis

Sedikit ilmu bisnis sangat diperlukan untuk karier seorang desainer profesional yang sukses. Tidak hanya berbakat dalam mendesain tetapi juga dapat menyusun strategi dalam memasarkan diri. Tidak hanya berbakat menjual diri, apapun jenis desain yang anda hasilkan, Klien hanya akan memilih anda sebagai seorang desainer yang dapat meningkatkan keuntungan serta keberhasilan bisnis mereka. Pelajari bagaimana desain yang anda buat dapat membantu membuat keuntungan bagi klien, dan hal ini akan membantu anda tentang bagaimana cara menjual diri sebagai seorang desainer.

Dapatkan Bayaran yang Sesuai

Semakin anda fokus kepada proyek desain, semakin banyak pula waktu yang anda akan habiskan untuk mendesain. Cari cara bagaimana untuk mendapatkan bayaran sesuai dengan keinginan anda. Kreatif dalam memasarkan desain anda, Cari info berapa banyak klien yang bersedia membayar seorang desainer untuk melakukan pekerjaan tertentu. Cobalah jenis desain yang baru untuk mengetahui seberapa hebat anda sebagai seorang desainer profesional.

Menjadi Desainer Khusus Spesialisasi

Ada berbagai jenis pekerjaan desain. Jika anda seorang desainer pemula, ada baiknya untuk mencoba seluruh jenis pilihan desain yang tersedia. Sebenarnya ada banyak neis profesi desain, dan beberapa diantaranya bahkan tidak dikenal di dalam dunia industri desain saat ini. Cobalah untuk mempelajari karir desain yang kurang diminati tersebut. Banyak orang masuk ke dalam industri desain umum dan mengira bahwa mereka akan menjadi desainer populer, padahal masih banyak pekerjaan desain khusus menarik yang tersedia. Berikut adalah beberapa jenis karir desain yang kurang diminati desainer umum seperti Desainer Lingkungan, Desainer UI, Desainer Paket, Developer Produk, Manajer Merchandise, atau Manajer Fashion Public Relations.

Lihat Diri Anda Sebagai Objek Desain

Sebagai seorang desainer profesional, Penampilan dan kemampuan berkomunikasi anda akan dinilai oleh klien dan masyarakat. Orang akan memperhatikan anda bukan hanya dari kompetensi pekerjaan yang diberikan, tetapi juga cara anda dalam menampilkan diri. Jika citra profesional anda terlihat maka orang akan cenderung menilai lebih baik hasil kerja desain yang anda buat.

Lakukan Apa yang Paling Anda Inginkan

Tahap ini adalah langkah dimana ketika anda telah menjadi Desainer Profesional yang sukses. Hasil kerja keras dari karir desain anda akan memberikan hal – hal terindah yang disukai. Pilih proyek desain yang anda sukai. Jika anda benar-benar mencintai apa yang anda kerjakan, kemungkinan besar anda akan menemukan pasar tersendiri. Apapun yang akan terjadi, Selalu bersemangat dan jangan menyerah.

Tips Menjadi Desainer Profesional Yang Sukses

Berlatih setiap hari, walau itu hanya satu sketsa atau sebuah logo. Latihan adalah kunci untuk menguasai jenis desain yang anda ingin buat. Cobalah temukan gaya desain tersendiri dan memiliki ciri khas anda serta teknik metode yang berbeda. Jangan takut untuk menunjukkan hasil karya desain anda kepada orang-orang. Jika anda takut ada yang meniru atau menjiplak, buatlah watermark atau signature bahwa karya ini merupakan hasil desain anda. Ingat selalu bahwa anda mendesain suatu objek untuk ditampilkan kepada orang-orang.

Related Posts