Faktor Penting Dalam Membangun Rumah Idaman

 0
Faktor Penting Dalam Membangun Rumah Idamanby Adminon.Faktor Penting Dalam Membangun Rumah IdamanMemiliki rumah idaman pastinya menjadi harapan setiap orang. Agar keinginan ini bisa teraplikasi dengan baik, maka sejumlah faktor harus dipersiapkan dengan cermat. Dengan begitu hunian idaman benar-benar tercipta sesuai dengan keinginan. Apa saja faktor penting yang harus Anda perhatikan saat ingin membangun hunian idaman? Menentukan lokasi rumah idaman Keinginan setiap orang mengenai lokasi rumah memang […]

kontraktor rumah idaman terpercaya Faktor Penting Dalam Membangun Rumah IdamanMemiliki rumah idaman pastinya menjadi harapan setiap orang. Agar keinginan ini bisa teraplikasi dengan baik, maka sejumlah faktor harus dipersiapkan dengan cermat. Dengan begitu hunian idaman benar-benar tercipta sesuai dengan keinginan. Apa saja faktor penting yang harus Anda perhatikan saat ingin membangun hunian idaman?

Menentukan lokasi rumah idaman

Keinginan setiap orang mengenai lokasi rumah memang berbeda-beda. Ada orang yang ingin memiliki rumah idaman di tengah perkotaan, di pinggir jalan raya, dekat dengan kantor, dekat dengan pusat bisnis dan bahkan ingin membangun rumah di kawasan pedesaan. Secara umum bila lokasi hunian berada di tempat yang strategis, maka harganya juga melambung tinggi. Harga tanah juga terus meroket setiap tahunnya, sehingga Anda harus menyiapkan anggaran semakin besar untuk mendapatkan lokasi idaman.

Setelah mendapatkan lokasi hunian yang dianggap sangat mendukung keinginan Anda, selanjutnya yang harus dilakukan adalah memahami segala yang berhubungan dengan lingkungan tersebut. Seperti Anda bisa memperhatikan faktor kenyamanan dan keamanan. Dengan demikian Anda mengetahui dengan akurat mengenai kondisi lingkungan sekitar yang sangat berimbas besar pada kehidupan Anda dan keluarga di kemudian hari.

Menentukan desain rumah idaman

Setelah mendapat lokasi yang sesuai dengan harapan, maka bisa menentukan tipe rumah idaman. Desain rumah yang bisa diaplikasikan pada rumah sangat banyak. Anda bisa membangun rumah modern, rumah tradisional, rumah minimalis, rumah kayu dan sebagainya. Penentuan desain rumah akan berimbas pada kebutuhan material bangunan dan kebutuhan anggaran. Untuk mendapatkan hunian idaman, sebaiknya pertimbangkan ketersediaan budget. Sediakan juga budget untuk pembelian berbagai furnitur atau perabotan di dalamnya. Karena untuk memenuhi kebutuhan tersebut juga membutuhkan biaya yang terbilang besar.

Menentukan tipe rumah idaman

Jika telah ditentukan desain atau gaya rumah yang akan dibangun, maka Anda bisa menentukan tipe rumah yang akan dibangun. Tipe rumah sangat beragam mulai dari tipe 21, 36, 45, 54, 70, 90 dan seterusnya. Secara sederhana tipe rumah ini berarti luas dari bangunan rumah. Semisal rumah tipe 70, menunjukkan kalau luas bangunan adalah 70 meter persegi.

Tipe rumah ini hanya sebagai panduan saja yang umumnya digunakan oleh developer rumah. Tapi jika ingin membangun rumah sendiri tentunya tidak harus memakai ketentuan tersebut. Anda bisa merancang las bangunan sesuai dengan kondisi lahan. Sehingga implementasi desain bisa disesuaikan dengan keinginan Anda. Jadi secara umum bisa menciptakan bangunan yang keci, sedang atau bahkan berkuran besar.

Membuat daftar kriteria yang dibutuhkan

Agar rumah idaman memenuhi segala kebutuhan keluarga, maka sangat penting untuk membuat daftar keinginan atas bangunan rumah tersebut. Semisal menentukan jumlah kamar tidur, jumlah kamar mandi, ruang keluarga, ruang makan, dapur, teras, garasi mobil dan sebagainya. Apabila daftar kebutuhan ruangan utama sudah selesai, baru lanjut ke perencanaan penggunaan ruangan.

Sejumlah peralatan penting yang akan ditempatkan di ruangan tertentu sangat penting untuk diperhatikan. Karena beragam peralatan tersebut akan membutuhkan instalasi ruangan secara khusus, sehingga harus diperhatikan saat ruangan tersebut dibangun. Peralatan itu seperti koneksi telepon, koneksi internet, audio set, kitchen set dan sebagainya.

Mengetahui peraturan daerah setempat

Peraturan seputar membangun rumah bisa saja berbeda-beda setiap daerah. Sehingga Anda harus memastikan pembangunan rumah idaman tidak berseberangan atau melanggar peraturan yang berlaku. Biasanya dalam pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Anda bisa mengetahui dengan detail ketentuan pembangunan rumah di lokasi tertentu.

Mengoptimalkan efisiensi ruangan

Merancang efisiensi ruangan di setiap rumah sangat penting, sehingga ruangan bisa fungsional dan indah. Beberapa pertimbangan penting saat akan merancang sebuah ruangan lebih efisien, seperti contohnya membuat akses langsung antara dapur dan garasi mobil, menempatkan pendingin atau pemanas ruangan di bagian tengah ruangan sehingga suhu rumah lebih ideal, penempatan kamar tidur utama yang tepat agar menunjang privasi dan bebas dari suara bising dan sebagainya.

Sangat penting juga diperhatikan dalam membuat ruangan,yaitu membuat ruangan yang mudah dilalui perabotan atau furnitur yang ukurannya besar. Sehingga tidak menyulitkan saat menaruh furnitur tersebut di sebuah ruangan. Beberapa komponen rumah yang harus diperhatikan adalah lebar dan tinggi pintu yang memadai, lebar tangga yang cukup dan sebagainya.

Perencanaan pengembangan rumah di masa mendatang

Saat ini mungkin Anda membangun rumah idaman saat belum memiliki anak, tapi seiring waktu akan lahir buah hati yang diidamkan. Semakin banyak anak yang dimiliki pastinya membutuhkan ruangan yang lebih banyak, apalagi bila mereka sudah tumbuh dewasa. Jadi ada baiknya rumah yang dibangun saat ini memungkinkan untuk diterapkan pengembangan di masa depan.

Sehingga bisa dilakukan pengembangan secara bertahap. Saat ini Anda bisa memulai membangun tahapan rumah yang dianggap lebih penting karena kebutuhan yang sudah mendesak. Tapi di masa mendatang bisa ditambahkan ruangan sesuai dengan kebutuhan. Sebagai contoh saat ini Anda bisa membangun rumah idaman dengan tipe smarthouse atau membangun rumah lantai satu terlebih dahulu. Selanjutnya di masa depan bisa menerapkan upgrade rumah dengan membangun lantai kedua.

Merancang desain interior rumah idaman

Untuk merancang interior rumah bisa membuatnya di atas kertas atau memakai perangkat lunak home design. Dalam merancang interior ruangan sangat penting untuk memperhatikan warna dinding, pencahayaan, sirkulasi udara dan sebagainya. Sehingga kondisi di dalam rumah tetap nyaman dan mendukung gaya hidup sehat. Selain itu, perlu juga mengatur penempatan beragam furnitur yang berada di ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, dapur, ruang makan dan sebagainya.

Mengatur posisi rumah

Cahaya matahari bisa sangat berpengaruh pada penentuan posisi hadap dari rumah idaman. Tujuannya agar rumah tetap mendapatkan pasokan cahaya matahari secara mencukupi. Cahaya alami ini sangat berguna sebagai penghematan energi, sehingga tidak selalu bergantung pada pencahayaan buatan seperti lampu listrik. Bagi Anda yang gemar menyaksikan sunset dan sunrise, maka membangun tempat khusus untuk menikmati keindahan alam ini tentunya sangat penting.

Pengaturan ruangan untuk mendapatkan pasokan cahaya matahari yang mencukupi memang memiliki banyak manfaat. Sehingga berpengaruh kepada penentuan posisi rumah. Cahaya matahari selain dibutuhkan di dalam ruangan juga diperlukan di luar ruangan, seperti untuk mengeringkan jemuran dan sebagainya. Bila cahaya matahari sudah terlalu panas, maka pastikan jendela dan ruangan yang terbuka diberikan gorden yang memadai untuk mengurangi paparan panasnya.

Mempercantik rumah dari segala sisi

Penempatan pintu dan jendela sangat mempengaruhi penampilan hunian dari luar. Kalau diterapkan desain interior yang tepat dan indah, pastinya menjadikan rumah idaman Anda nampak semakin menawan. Anda bisa mengatur estetika rumah dengan menerapkan cat dinding yang sesuai, membangun taman rumah yang nyaman, merancang teras rumah, membangun pagar rumah yang bagus dan sebagainya. Dengan penataan yang sesuai, maka rumah akan tampil lebih beda. Dengan penampilan yang indah dan berbeda ini akan menjadikan rumah Anda semakin hunian idaman yang akan menjadi pusat perhatian.

Related Posts