Lowongan Sarjana Biologi Kerja Apa dan Dimana ?

 0
Lowongan Sarjana Biologi Kerja Apa dan Dimana ?by Adminon.Lowongan Sarjana Biologi Kerja Apa dan Dimana ?Biologi adalah studi ilmiah mengenai kehidupan mahluk hidup. bIologi mempelajari pathogenesis, reproduksi, morfogenesis, distribusi benda hidup, evolusi, asal, pertumbuhan, fungsi, struktur, dan lain sebagainya. Biologi berkaitan erat dengan deskripsi karakteristik dan perilaku organisme individu dan spesies secara keseluruhan, dan reproduksi reproduksi organisme hidup serta interaksi antara lingkungan dan mereka. Bidang ini menjelaskan sebab, cara, fungsi […]

fakultas biologi terbaik 300x225 Lowongan Sarjana Biologi Kerja Apa dan Dimana ?Biologi adalah studi ilmiah mengenai kehidupan mahluk hidup. bIologi mempelajari pathogenesis, reproduksi, morfogenesis, distribusi benda hidup, evolusi, asal, pertumbuhan, fungsi, struktur, dan lain sebagainya. Biologi berkaitan erat dengan deskripsi karakteristik dan perilaku organisme individu dan spesies secara keseluruhan, dan reproduksi reproduksi organisme hidup serta interaksi antara lingkungan dan mereka. Bidang ini menjelaskan sebab, cara, fungsi mereka, dan bagaimana organisme spesies, serta interaksi alam sekeliling dan sesame mereka. Biologi berfokus pada kebiasaan hidup, perilaku, dan ciri fisik mahluk hidup dari masa silam hingga sekarang, serta bagaimana cara mereka berinteraksi antara lingkungan dan sesama mereka serta cara mereka dihasilkan. Bahkan, kini terdapat ahli biologi yang mengkaji kemungkinan hewan yang akan berevolusi di masa yang akan datang dan yang ada di planet lain.

Biologi banyak melakukan pengamatan benda mati maupun hidup, mulai dariorgan, jaringan, sel, agregat, molekul organel pada organisme yang kompleks. Dalam konteks yang lebih luas, perilaku organisme interaksi mereka dan organisme individu dengan orang lingkungan dan orang lain menggunakan dan menghasilkan model, teori, dan metode. Ilmu biologi memiliki beberapa bidang studi yang scara umum dapat dibagi seperti patologi, sitologi, evolusi, genetika, taksonomi, mikrobiologi, ekologi, embriologi, fisiologi, morfologi, zoology, dan botani. Modal utama kuliah di bidang biologi antara lain memiliki rasa senang dengan mahluk hidup baik tumbuhan atau hewan, juga senang dengan kegiatan outdoor karena banyak meneliti mengenai perkembangan tumbuhan dan hewan. Selain itu, juga banyak kegiatan laboratorium yang membutuhkan kehati-hatian dan ketelitian yang tinggi, karena sebagian besar kegiatan laboratorium menggunakan mikroskop. Banyaak istilah penting yang digunakan sehingga membutuhkan daya ingat yang baik di jurusan ini.

Bidang studi biologi termasuk jurusan favorit di luar negeri. Apalagi, yang terkait dengan bioteknologi yang saat ini sedang booming. Hesa mencatat dalam risetnya, bahwa 90,9% sarjananya segera memperoleh pekerjaan atau melanjutkan studi setelah lulus. Lulusan biologi mempunyai peluang bekerja di segala sektor yang berkaitan langsung dan tidak langsung dengan biologi. Dari data, tercatat bahwa sektor tersebut adalah di bidang industri makan dan minuman, kimia dan kosmetika, industri pakan ternak, industri pangan, perkebunan, pertanian, pertanian, serta perbankan dan pendidikan sebagai tenaga edukatig di sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas. Selain itu, juga di lembaga penelitian seperti lembaga ilmu pengetahuan Indonesia dan di sekitar pemerintahan provinsi, kota, dan kabupaten. Bahkan, ada yang menjadi pengusaha secara mandiri alias wiraswasta. Misalnya, badan lingkungan hidup, PT Charoen Pokphand, PT Campina, PT Indofood, PT Nestle Indonesia, PT Amerta Indah Otsuka, Tropical Disease Research Center, Balai besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Perikanan dan Kelautan, Bulog, Perum, BP POM, LIPI, Trans Corp, Cheil Jedang, PT Tirta Sarana Sukses, Lembaga Perbankan seperti BTN, BRI, atau Mandiri, PT Panca Mitra Multi Perdana, dan PT MEM TITO Indonesia.

Lulusan biologi juga bisa bekerja di pusat laboratorium forensik polri. Ruang lingkup ilmu biologi di laboratorium forensik meliputi, pemalsuan produk, narkoba dan psikotropika, pemerkosaan, pembunuhan, lingkungan, toksikologi, uang palsu dan produk cetak, serta dokumen. Lulusan biologi juga bisa bekerja di bidang quality control, research & development, dan quality assurance. Lulusan biologi murni merupakan basis ilmu yang paling dicari oleh badan pemerintah seperti LIPI dan BPOM. Universitas dengan fakultas jurusan biologi terbaik di Indonesia diantaranya adalah Universitas Negeri Malang, Universitas Surabaya, Universitas Udayana Denpasar, Universitas Atmajaya Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, UNJ, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Sriwijaya, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Universitas Hassanudin Makassar, universitas negeri Surabaya, Universitas Padjajaran, UNDIP, Unversitas Brawijaya Malang, IPB, ITB,UI, dan UGM. Besaran gaji pokok standar untuk sarjana biologi fresh graduate mulai dari Rp.2.600.000,- per bulan.

Related Posts