Membangun Rumah Idaman Anda Sendiri

 0
Membangun Rumah Idaman Anda Sendiriby Adminon.Membangun Rumah Idaman Anda SendiriJika anda ingin melakukannya dengan baik, anda harus melakukan segalanya sendiri. Hal itu pula yang perlu menjadi prinsip anda ketika anda membangun rumah idaman anda sendiri. Siapa lagi yang lebih memahami anda dibandingkan diri anda sendiri. Apalagi rumah tersebut akan menjadi tempat tinggal dengan nyaman bagi anda dan keluarga anda selama bertahun-tahun ke depan. Dua […]

desain rumah minimalis modern untuk keluarga Membangun Rumah Idaman Anda SendiriJika anda ingin melakukannya dengan baik, anda harus melakukan segalanya sendiri. Hal itu pula yang perlu menjadi prinsip anda ketika anda membangun rumah idaman anda sendiri. Siapa lagi yang lebih memahami anda dibandingkan diri anda sendiri. Apalagi rumah tersebut akan menjadi tempat tinggal dengan nyaman bagi anda dan keluarga anda selama bertahun-tahun ke depan.

Dua hal yang perlu anda perhatikan soal rumah idaman adalah bahwa anda akan cenderung tinggal di rumah tersebut meski anda memiliki rumah-rumah lainnya, dan anda akan sangat mencintai rumah anda tersebut, jika benar-benar rumah yang anda buat adalah rumah idaman. Rumah itu juga tempat untuk menuangkan semua mimpi anda dan menjadikannya kenyataan.

Tentunya dengan membuat rumah sendiri, dibandingkan alternatif membeli rumah yang sudah dibangun, rumah idaman anda akan jauh lebih mudah anda dapatkan. Semua rumah dibangun berdasarkan kebutuhan atau keinginan penghuninya, dan karena itu membangun rumah idaman anda sendiri akan membuat segalanya lebih mudah. Bagaimana anda membuat rumah idaman anda sendiri? Simak tips-tips berikut

Siapa yang mendesain?

Sebelum anda membuat apa pun anda harus tahu anda akan membuatnya seperti apa. Terutama jika yang anda buat adalah rumah. Anda tidak perlu membayar arsitek. Lalu? Ada banyak website dan paket software yang bisa anda gunakan untuk mendesain rumah anda. Desainlah rumah anda mulai dari elemen-elemen yang esensial seperti kamar, kamar mandi, ruang lain, kamar mandi, ruang lain. Tentukan juga gaya rumah anda dan luas dari rumah yang anda inginkan. Jangan lupa tambahkan fitur-fitur khusus yang anda inginkan di rumah idaman anda. Anda mungkin ini Jacuzzi pribadi, bioskop, dapur kelas hotel, atau detil-detil yang lain. Setelah itu anda bisa mendiskusikannya dengan kontraktor yang sudah anda sewa untuk memastikan bahwa mereka bisa melakukannya untuk anda.

Jika anda merasa kontraktor dan arsitek anda sudah memenuhi kualifikasi yang anda butuhkan sebagai pembangun rumah impian anda, anda bisa menggunakan jasa mereka untuk mendesainkan rumah anda. Pastikan anda memberi tahu desainer rumah anda apa yang anda inginkan, dan jangan tutup telinga anda terhadap saran mereka. Mereka paham betul bahwa apa yang anda inginkan pasti bisa mereka lakukan, tetapi mungkin anda perlu mempertimbangkan biayanya juga.

Budget yang masuk akal

Sumber konflik dan melodrama dari pembangunan sebuah rumah adalah budget. Memang, rumah idaman anda adalah perwujudan dari mimpi anda. Tetapi anda harus realistis ketika anda merujuk kepada deposito anda dan saldo akun bank anda. Untuk mencegah drama, tentukan uang yang anda bersedia habiskan dan dengarkan kontraktor anda. Percayai apa yang mereka katakan mengenai harga dan nilai sesuatu. Jangan terpaku pada harga dari tanah yang anda beli atau harga yang anda dengar dari sebuah website. Website tersebut bisa saja merujuk kepada lokasi lain yang mungkin memiliki tingkat harga yang berbeda. Dengarkan saja apa yang kontraktor anda katakan. Jangan sekali-sekali menawar budget yang disarankan pembangun anda. Jika anda melakukan itu, kemungkinan, mereka harus menekan kualitas bangunan mereka atau mengurangi sesuatu.

Budget memang bukan hal yang menyenangkan untuk dibahas. Jika budget adalah bukan masalah besar untuk anda, rumah impian anda akan dipastikan bisa jadi tanpa banyak perundingan. Tetapi paling baik jika anda tidak memaksakan kemampuan finansial anda ke ujung batasnya. Selalu ada alternatif untuk penghematan dan selalu buka pikiran anda untuk berbagai kemungkinan. Bagaimana pun, rumah idaman anda tetap harus luar biasa bagus dan nyaman.

Bentuk tim pembangun

Idealnya, dalam membangun sebuah bangunan yang ideal, anda perlu bantuan arsitek, kontraktor, desainer, arsitek bentang tanah, dan pengacara (untuk urusan administrasi, banyak yang mengabaikannya). Setiap individu akan membantu anda dalam meninjau semua hal dari berbagai sudut pandang. Tentu saja, anda tidak memerlukan semuanya karena akan sangat mahal menyewa jasa mereka. Seorang arsitek dan kontraktor saja sudah cukup. Tetapi pastikan anda mendapatkan jasa yang terbaik. Hanya tim pembangun anda yang akan tahu hal-hal seperti orientasi matahari, pembagian zona, ketidakmungkinan pembangunan areal, dan batas tinggi bangunan. Anda harus menyesuaikan rumah idaman anda dengan tanah yang anda miliki tentunya bukan.
Tetapi untungnya, para ahli ini akan menyesuaikan diri dengan budget yang anda miliki. Jadi tenang saja, dan terbukalah dengan mereka, mereka akan mengatur segalanya untuk anda.

Soal kerealistisan luas

Luas adalah hal yang paling sering menipu. 1.000 meter persegi di bayangan anda dan pada kenyataannya seringkali berbeda. Hal itu disebabkan karena persepsi keinginan anda. Seringkali orang mengatakan untuk membangun rumah dengan luas yang tidak mereka perlukan, dan akhirnya puas dengan rumah yang tidak seluas itu, itu pun masih ada ruang yang tidak terpakai. Belum lagi, bisa saja, uang yang anda miliki habis hanya untuk mengakomodasi ketidakrealistisan anda.

Selain uang, anda perlu memperhatikan tanah yang anda miliki. Konsultasikan kepada tim pembangun anda budget anda, dan apa saja yang anda inginkan. Misalnya ruang kerja, perpustakaan, ruang makan besar, atau hal-hal lainnya. Mereka tidak akan menolak usul anda. Mereka malah akan membuatnya mungkin dan mewujudkan keinginan anda dengan budget dan luas sesedikit-sedikitnya. Percayalah, hal terakhir yang anda inginkan adalah sebuah ruangan super luas yang tidak anda ketahui fungsinya dan akhirnya terbengkalai begitu saja.

Gunakan material yang tidak biasa

Seringkali tim pembangun anda mengetahui mengenai alternatif material dari material yang mereka gunakan. Anda bisa menanyakan mereka apakah ada material alternatif yang bisa rumah anda gunakan. Ada dua hal yang mungkin terjadi jika anda memutuskan untuk menggunakan material alternatif, harganya lebih murah, atau penampilan yang berbeda. Dengan segala pikiran positif di otak anda, anda akan mengejar tujuan yang kedua. Misalnya, dibandingkan dengan dapur berlapiskan kayu, mungkin anda ingin menggunakan batu granit, atau bahkan anda ingin lantai dengan ubin dari Italia? Jika tidak pun, tak apa. Jika anda merasa lantai kayu padat, bebatuan, atau ubin tertentu terlalu mahal untuk anda, anda bisa berhemat dengan menggunakan kayu laminasi, atau kayu veneer. Bahkan semen yang dibentuk bisa anda gunakan untuk harga yang hemat tetapi tetap terlihat luar biasa di rumah idaman anda.

Konsultasikan segalanya

Anda sudah memilih orang-orang yang memiliki keahlian dalam bidangnya dan mampu mendengarkan apa yang perlu anda katakan. Yang perlu anda lakukan adalah melakukan konsultasi terus-menerus mengenai progress pembangunan rumah. Cari tahu apakah mereka menemui masalah ketika membangun rumah idaman anda, beritahu mereka juga jika anda memiliki kekhawatiran tertentu. Dengan berbagai macam fasilitas yang ada di zaman modern ini anda bisa dengan mudah menghubungi tim pembangun anda. Satu hal yang tidak pernah boleh anda lakukan, ketika anda sudah menyetujui kontrak, jangan melakukan perubahan, kecuali mereka yang menyarankannya. Ketahuilah, pada setiap perubahan yang anda buat, akan muncul harga baru dan tentunya jadwal penyelesaian yang baru.

Related Posts