Memilih Reksadana Syariah Terbaik 2016

 0
Memilih Reksadana Syariah Terbaik 2016by Adminon.Memilih Reksadana Syariah Terbaik 2016Reksadana syariah terbaik saat ini telah menjadi topik perbincangan yang sedang hangat diperbincangkan seiring meningkatnya kegiatan investasi dalam bentuk reksadana. Seperti yang kita ketahui reksadana merupakan kegiatan mengelola dan memelihara uang. Dan oleh sebagian orang sistem reksadana dianggap kharam karena tidak sesuai dengan syari’at agama Islam. Dan pada tahun 1997 Reksadana syariah pertama kali dibentuk. […]

Reksadana syariah terbaik saat ini telah menjadi topik perbincangan yang sedang hangat diperbincangkan seiring meningkatnya kegiatan investasi dalam bentuk reksadana. Seperti yang kita ketahui reksadana merupakan kegiatan mengelola dan memelihara uang. Dan oleh sebagian orang sistem reksadana dianggap kharam karena tidak sesuai dengan syari’at agama Islam. Dan pada tahun 1997 Reksadana syariah pertama kali dibentuk. Reksadana syariah ini memiliki sistem operasi yang berprinsip pada syariah Islam baik dalam akad maupun dalam sistem pengelolaan uangnya.

Karakteristik Reksadana Syariah Terbaik

Sebelum memilih reksadana syariah terbaik, anda harus memahami karakteristik dari reksadana yang dijalankan dengan prinsip syariah ini.Dan seperti pada perniagaan lainnya, prinsip dari reksadana syariah yang paling penting adalah tidak menggunakan sistem bunga atau riba, selain itu juga tidak berhubungan dengan jual beli atau kegiatan yang dilarang dalam agama seperti perjudian dan minuman keras, serta tidak berupa kegiatan niaga yang tidak pasti. Dan khusus untuk reksadana ini ada beberapa pokok yang menjadi larangan transaksi yang antara lain adalah tidak memberikan penawaran palsu, tidak memperjualbelikan barang yang belum dimiliki, tidak memberikan janji-janji keuntungan serta tidak melakukan investasi para badan usaha yang tingkat utangnya melebihi modal yang dimiliki.

Dari prinsip-prinsip tersebut, dapat disimpulkan bahwa reksadana syariah terbaik harus memiliki beberapa aturan pokok yang antara lain adalah tidak berinvestasi pada perusahaan yang produk dan pengelolaannya tidak sesuai dengan syariat Islam, sehingga dalam hal ini manajer investasi bertugas untuk mengelola reksadana agar ditempatkan pada saham dan obligasi yang telah masuk dalam daftar efek syariah yang dikeluarkan setiap 6 bulan sekali. Setelah itu juga harus ada proses cleansing yang berarti pembersihan dana syariah. Dimana ketika ada pendapatan yang tidak sesuai dengan syariah maka selanjutnya diproses untuk kegiatan amal. Dan yang terakhir pelaksanaan dari reksadana syariah harus diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah. Hal ini bertujuan untuk menjaga terpenuhinya prinsip syariah dalam proses transaksi reksadana terutama untuk memastikan investasi berdasarkan DES dan penyaluran dana cleansing.

Jenis Dan Bentuk Hukum Reksadana Syariah

Ketika anda hendak berinvestasi dalam bentuk reksadana syariah terbaik, ada beberapa jenis reksadana syariah yang harus anda pahami, yang antara lain adalah Reksadana pasar uang, reksadana jenis ini jangka waktunya kurang dari 1th. Reksadana pendapatan tetap, yang merupakan investasi dalam bentuk obligasi syariah sekurang-kurangnya 80%. Reksadana Saham, berupa investasi dalam bentuk saham syariah yang tercatat dalam daftar Jakarta IslamicIndex BEI sekurang-kurangnya 80%. Reksadana campuran, dapat bentuk saham ataupun obligasi syariah. Reksadana index, dan reksadana terproteksi yang kesemuanya diinvestasikan pada pasar uang dan pasar modal yang aman sesuai syariah Islam.

gedung kantor reksadana syariah indonesia Memilih Reksadana Syariah Terbaik 2016

Dan berdasarkan UU No.8 tahun 1995, reksadana dibagi menjadi dua bentuk yakni Badan Hukum Perseroan dan Kontrak Investasi Kolektif. Untuk reksadana yang dikelola oleh PT bentuk hukumnya adalah PT itu sendiri dengan pengelola reksadana yang didasarkan pada persetujuan Direksi perusahaan dengan manager investasi, dan penyimpanan aset reksadana ini didasarkan pada kontrak yang dilakukan oleh manager investasi dengan pihak Bank custodian. Sedangkan untuk reksadana yang dikelola oleh KIK kegiatan dan transaksi dilakukan berdasarkan kontrak antara manajer investasi dengan pihak Bank custodian. Jenis dan bentuk hukum dari reksadana ini dapat menjadi salah satu pertimbangan anda dalam memilih reksadana syariah terbaik.

Cara Berinvestasi di Reksadana Mandiri Syariah

Pada dasarnya cara berinvestasi di reksadana syariah sama dengan proses berinvestasi di reksadana konvensional. baik dalam segi pembelian maupun transaksinya. Hanya saja dalam transaksinya reksadana syariah terbaik lebih fokus pada perusahaan yang resiko gagalnya lebih kecil sehingga dapat menawarkan diversifikasi. Berikut cara pembelian saham reksadana syariah yang antara lain adalah pengisian formulir pembelian reksadana. sebelum anda mengisi formulir ini perhatikan prospek dari penawaran reksadana, setelah isi dengan lengkap dan benar. Setelah anda mengisi formulir pembelian, anda selanjutnya diminta untuk mengisi profil dari investasi anda, membayar pembelian reksadana di unit Bank yang telah ditunjuk, menyerahkan formulir yang telah anda lengkapi, beserta bukti transfer dan kartu identitas resmi kepada manajer investasi, dan agen penjualan. Setelah anda memenuhi semua persyaratan pembelian reksadana, maka anda berhak untuk mendapatkan hasil dari invertasi yang diproses dengan sistem bagi hasil sampai jatuh tempo periode pembelian reksadana.

Sedangkan untuk penjualan, prosesnya juga cukup mudah. Dapat dilakukan dengan mengisi formulir penjualan reksadana syariah, setelah memenuhi seluruh persyaratan penjualan, selanjutnya anda akan memperoleh dana hasil penjualan. Dana akan ditransfer ke rekening yang telah ditunjuk oleh pemegang reksadana. Itulah cara dan prosedur yang ditetapkan oleh pengelola reksadana syariah terbaik yang sesuai dengan kebijakan Bapepam-LK.

Cara Memilih Reksadana syariah terbaik

Setelah memahami dan mengenal lebih banyak mengenai reksadana syariah, selanjutnya anda dapat memilih produk reksadana terbaik yang sesuai dengan pertimbangan anda. Masih bingung bagaimana memilih reksadana syariah yang terbaik? Salah satu cara untuk memilih reksadana syariah terbaik adalah dengan melakukan survey untuk melihat produk-produk reksadana dan melihat bagaimana kinerja dari manager investasi yang mengelola. Selain itu pilih reksadana yang sesuai dengan profil anda, dan lihat profil dari pengelola reksadana baik dari segi legalitas hukumnya maupun dalam segi keamanannya.

Cara selanjutnya dalam memilih reksadana syariah terbaik adalah penentuan jangka waktu investasi. Ketika anda memilih reksadana bukan hanya masalah pencapaian return semata,penentuan waktu berinvestasi juga sangat penting. Bagi anda yang baru memulai investasi reksadana, pilihan reksadana pasar uang akan lebih aman dan sesuai untuk anda. Setelah menentukan jangka waktu berinvestasi selanjutnya anda dapat menentukan besaran uang yang akan anda investasikan.

Reksadana Syariah Halal atau Haram ?

Hal terakhir yang harus anda perhatikan adalah pengelolaan zakat. Reksadana syariah terbaik biasanya memiliki pengelolaan zakat yang baik, karena ini sangat penting untuk proses pembersihan reksadana, hal ini diperkuat dengan sistem regulasi syariah yang mewajibkan pengelolaan zakat untuk diintegrasikan dalam investasi reksadana syariah. Selain zakat, pembersihan reksadana juga diatur untuk kegiatan amal ataupun sedekah yang pelaksanaannya diawasi secara ketat oleh Badan Pengawas Syariah. Itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam memilih reksadana syariah.

Di Indonesia sendiri ada beberapa reksadana syariah yang terpercaya dengan sistem pengelolaan terbaik. Dan sebagai bahan referensi untuk anda, berikut beberapa daftar reksadana syariah yang dapat anda pilih, diantaranya adalah Syam Syariah Berimbang, Cipta Syariah Equity, BNP Paribas Pesona Syariah, Trim Syariah Saham dan yang terakhir adalah Manualife Syariah Sektoral Amanah. Kesemua daftar tersebut telah mampu mencapai return diatas 20% selama 3 tahun belakangan ini. Demikianlah informasi terkait reksadana syariah terbaik yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan dapat memberikan rekomendasi investasi reksadana terbaik untuk anda.

Related Posts