Peluang Lowongan Pekerjaan Untuk Sarjana Fisika Murni

 0
Peluang Lowongan Pekerjaan Untuk Sarjana Fisika Murniby Adminon.Peluang Lowongan Pekerjaan Untuk Sarjana Fisika MurniFisika adalah bahasa yunani yang berarti alam. Dalam banyak sumber, fisika merupakan ilmu pengetahuan untuk belajar gejala dan sifat benda alam. Pada awalnya Gejala ini merupakan sesuatu yang dirasakan indera manusia. Seperti mata mendapatkan cahaya atau optika, telinga mendapatkan bunyi, serta indra perasa yang mengenal panas. Pertanyaannya, mengapa anda harus belajar fisika? Fisika adalah dasar dari ilmu pengetahuan, karena adanya keterkaitan dengan struktur perilaku dan benda, […]

pekerjaan untuk sarjana lulusan pendidikan fisika 300x187 Peluang Lowongan Pekerjaan Untuk Sarjana Fisika MurniFisika adalah bahasa yunani yang berarti alam. Dalam banyak sumber, fisika merupakan ilmu pengetahuan untuk belajar gejala dan sifat benda alam. Pada awalnya Gejala ini merupakan sesuatu yang dirasakan indera manusia. Seperti mata mendapatkan cahaya atau optika, telinga mendapatkan bunyi, serta indra perasa yang mengenal panas. Pertanyaannya, mengapa anda harus belajar fisika? Fisika adalah dasar dari ilmu pengetahuan, karena adanya keterkaitan dengan struktur perilaku dan benda, yang terutama dalah benda mati. Dilihat dari sejarah, fisika merupakan ilmu yang sudah tua, diawali dari pengamatan gerakan benda langit, usianya, periodenya, bagaimana lintasannya, dan lainnya. Bidang ilmu ini sudah dipelajari dari sejak zaman dulu, lalu berkembang pada zaman newton dan galieleo. Gelileo membuat rumus tentang benda yang jatuh, lalu newton fokus belajar tentang gerak, tak terkecuali gerakan planet yang ada di sistem tata surya. Fisika adalah salah satu ilmu pengetahuan alam dasar yang banyak digunakan sebagai dasar bagi lmu yang lain. Fisika adalah ilmu yang mempelajari gejala alam secara keseluruhan. Fisika mempelajari fenomena, energi, materi, dan kejadian alam, baik yang bersifat miksroskopis seperti gerak electron mengelilingi inti maupun yang bersifat makroskopis seperti gerak bumi mengelilingi matahari yang berkaitan dengan perubahan energi atau zat.

Selain itu, fisika menjadi dasar berbagai pengembangan teknologi dan ilmu. Kaitan antara disiplin ilmu lain dan fisika membentuk disiplin ilmu yang baru misalnya dengan geologi membentuk geofisika, dengan ilmu bahan membentuk fisika material, dengan ilmu kesehatan membentuk fisika medis, dengan biologi membentuk biofisika, dengan ilmu astronomi membentuk astrofisika, dan lainnya. Di saat zaman yang sudah modern, ilmu fisika digunakan untuk mengembangkan teknologi kedokteran, biologi, kimia, kerekayasaan, komunikasi, industri, dan lainnya. Ilmu fisika mampu membuat jawaban dari pertanyaan mengenai fenomena yang menarik. Misalnya, sejumlah pertanyaan penting, kenapa bumi harus mengelilingi matahari? bisakah pesawat dapat mendarat di bulan? Bagaimana peluru kendali dapat diarahkan ke sasaran yang letaknya sangat jauh, bahkan antar benua? Kenapa sifat listrik diperlukan dalam sistem industri dan komunikasi? Bagaimana siaran tayangan televisi dapat menjangkau tempat jauh? Mengapa langit tampak berwarna biru? Bagimana udara dapat menahan pesawat terbang yang berat? semua ini dapat dijelaskan dalam bidang ilmu fisika. Secara garis besar fisika terbagi atas dua bagian yakni fisika modern dan klasik. Sumber fisika klasik didapatkan dari gejala yang diperoleh indra. Fisika klasik mempelajari gelombang, optika, bunyi, panas, magnet, listrik, dan mekanika yang menjadi perbatasan antara fisika modern dan klasik.

Tujuan mempelajari fisika yaitu supaya manusia mampu mengerti bagian dasar dan interaksi benda. Jadi fisika mengenalkan kita untuk menerangkan gejaa alam. Hal ini karena fisika adalah bidang ilmu pengetahuan alam yang paling dasar. Ilmu kimia berdasarkan kepada kimia dan fisika, untuk menerangkan proses yang terjadi dalam benda hidup. Ilmu teknik juga bersandar kepada kimia dan fisika. Fisika adalah penting untuk menopang riset murni ataupun terpakai. Misalnya, ahli geologi yang melakukan riset sering mengadopsi metode mekanika, listrik, ekustik, dan gravimetric. Rumah sakit modern dilengkapi dengan alat elektronik, teknik radio dan spektrografi, demikian pula seisrnologi, ooeamlogi, meteorologi memerlukan pengetahuan fisika.

Hasil riset HESA menempatkan angka 89,9% dari semua lulusan ilmu fisika telah mendapatkan pekerjaan atau memasuki pendidikan lebih lanjut dalam waktu 6 bulan menyelesaikan gelar pertama mereka. Ini artinya, prospek lulusan jurusan fisika lumayan prospektif. Di jurusan fisika, anda tidak hanya berkutat di reaktor nuklir, gelombang, partikel, dan lainnya. Sekarang fisika sudah masuk ke era baru. Fisika dalah ilmu masa depan, siapa yang menguasai fisika berarti menguasai masa depan. Terbukti, dengan banyak lulusan fisika yang menjadi dosen di teknik informatika. Dengan demikian, lulusan fsiika merupakan salah satu jurusan paling prospek, karena jurusan fisika akan mempelajari ilmu pasti. Prospek kerja jurusan fisika murni saat ini bukan hanya menjadi peneliti atau dosen, jurusan fisika murni dapat bekerja di BUMN seperti Pertamina, BPPT, LAPAN, LIPI, dan lembaga penelitian swasta lainnya.

Daftar universitas fakultas jurusan fisika terbaik di Indonesia diantaranya UNSRI, USM, UPI, UNPAD, UNISMA, UNM, UI, UGM, UNBRAW, ITS, ITB, dan IPB. Gaji standar sarjana fisika fresh graduate di kisaran Rp.3.000.000,- per bulan yang dapat dijadikan acuan bagia nda yang ingin melamar di perusahaan swasta.

Related Posts