Prospek Lulusan Fakultas Jurusan Ekonomi Bisnis Terbaik di Indonesia

 0
Prospek Lulusan Fakultas Jurusan Ekonomi Bisnis Terbaik di Indonesiaby Adminon.Prospek Lulusan Fakultas Jurusan Ekonomi Bisnis Terbaik di IndonesiaEkonomi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan konsumsi, distribusi, dan produksi terhadap barang dan jasa. Sementara itu, yang dimaksud dengan ekonom atau ahli ekonomi adalah orang menggunakan konsep data dan ekonomi dalam bekerja. Sedangkan bisnis, dalam ilmu ekonomi, adalah suatu organisasi yang menjual jasa atau barang kepada bisnis lainnya […]

jurusan ekonomi pembangunan manajemen syariah Prospek Lulusan Fakultas Jurusan Ekonomi Bisnis Terbaik di IndonesiaEkonomi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan konsumsi, distribusi, dan produksi terhadap barang dan jasa. Sementara itu, yang dimaksud dengan ekonom atau ahli ekonomi adalah orang menggunakan konsep data dan ekonomi dalam bekerja. Sedangkan bisnis, dalam ilmu ekonomi, adalah suatu organisasi yang menjual jasa atau barang kepada bisnis lainnya atau konsumen, untuk mendapatkan laba. Secara etimologi, bisnis berarti keadaan sekelompok atau seseorang yang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Ilmu ekonomi dan bisnis saat ini menjadi daya tarik tersendiri bagi mahasiswa untuk mempelajarinya. Hal tersebut seiring dengan geliatnya bidang kerwirausahaan dan praktik bisnis yang dilakukan oleh kalangan anak muda. Akibatnya banyak jurusan dan fakultas ekonomi bisnis yang diserbu oleh siswa untuk belajar dalam bidang tersebut.

Di sisi lain, ekonomi hampir terlibat pada setiap bidang di dunia modern, permintaan terhadap jurusan ekonomi sangat besar. Jurusan ekonomi masuk ke dalam peringkat gaji tertinggi dari setiap jurusan. Gelar ekonomi merupakan kunci untuk berbagai macam pekerjaan dengan gaji tinggi, dengan spesialisasi yang tersebar. Banyak karier yang tersedia bagi lulusan ekonomi yang telah menyelesaikan kuliahnya. Pemegang gelar ekonomi selain terampil pada pelajaran, juga mahir serta mampu dalam berbagai aspek seperti keterampilan presentasi dan komunikasi, lalu kemampuan dalam menyelesaikan masalah. Sehingga pemegang gelar ekonomi dapat dimungkinkan untuk melamar di bidang pekerjaan lain yang tidak terkait dengan perdagangan. Lulusan ekonomi memiliki prospek luas karena bidang ekonomi sangat banyak dijalankan oleh pelaku ekonomi diantaranya adalah perusahaan, lembaga perekonomian, dan hal yang terkait bidang tersebut. Adapan beberapa prospek lulusan ekonomi seperti manajer bank yang bertanggung jawab atas fungsi optimal dan pemeliharaan umum dari bank cabang. Ia harus mahir dalam berurusan dengan klien, mengelola sumber daya manusia, menggunakan teknologi keuangan bank, serta melakukan pembukuan umum. Pelatihan karyawan baru juga menjadi bagian tanggung jawab dari seorang manajer bank. Ekonom mengatur dan menentukan kebijakan keuangan suatu perusahaan. Ekonom mempelajari tren global secara ekonomis mengenai pembuatan kebijakan dalam menentukan prediksi perkembangan masa depan, serta menyesuaikan kebijakan yang telah dibuat mereka sendiri untuk disamakan melalui tren global. Analis keuangan melakukan analisis suatu data keuangan yang telah diterima dari klien, untuk kemudian memberikan sajian kesimpulan dari mereka mengenai kesehatan keuangan daripada perusahaan klien. Laporan analis keuangan digunakan oleh para pejabat petinggi perusahaan untuk kemudian selanjutnya membuat keputusan masa depan perusahaan. Konsultan manajemen bertugas untuk mengatur strategi para staf dan pegawai agar sesuai dengan tujuan perusahaan. Akuntan publik mempunyai posisi tinggi dalam hal pekerjaan yang punya hubungan dengan ekonomi dan perdagangan. Staf Auditing atau Auditor memiliki tugas untuk membuat audit laporan keuangan dari perusahaan klien.

Lulusan program studi ilmu ekonomi menguasai ilmu ekonomi dan analisis ekonomi yang relevan dalam pengambilan keputusan di negara sedang berkembang. Lulusan program studi ilmu ekonomi bekerja di lembaga penelitian, depdiknas, deptan, bappeda, deperindag, depkeu, bappenas, bapepam, bursa efek, perbankan, perusahaan swasta multinasional dan lokal. Lulusan program tudi ini menguasai aspek yang terkait dengan akutansi seperti sistem informasi, pengauditan, akuntansi sector public, akuntansi manajemen, dan akuntansi keuangan. Lulusan program studi akuntansi bisa bekerja menjadi konsultan atau pegawai kantoran. Lulusan program studi manajemen menguasai salah satu dari empat minat keahlian yaitu sistem informasi, manajemen strategis, manajemen operasi, manajemen sdm, manajemen keuangan dan manajemen pemasaran. Prospek karier lulusan manajemen bekerja di instansi pemerintah dan swasta.

Daftar universitas fakultas jurusan ekonomi bisnis terbaik di Indonesia diantaranya adalah Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas islam Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas Pasundan, Universitas Padjajaran, Universitas Trisakti, Universitas Gunadarma, dan Universitas Indonesia. Jurusan yang biasanya disediakan terbagi atas Akuntansi, Manajemen, Ilmu Ekonomi, Ekonomi Pembangunan, dan Ekonomi Keuangan dan Perbankan Islam. Gaji standar sarjana ekonomi berada di kisaran Rp.3.000.000,- per bulan. Angka ini dapat berubah sesuai dengan kebijakan perusahaan dan dapat anda jadikan acuan ketika menawar gaji pada interview pekerjaan.

Related Posts