Rekomendasi Asuransi Perjalanan Luar Negeri ke Eropa Review

 0
Rekomendasi Asuransi Perjalanan Luar Negeri ke Eropa Reviewby Adminon.Rekomendasi Asuransi Perjalanan Luar Negeri ke Eropa ReviewTerkadang kita sebagai manusia sering khawatir ketika sedang dalam perjalanan baik sedang travel wisata ataupun bisnis dengan resiko yang kadang kala menghantui kita. Hal ini oleh kebanyakan orang indonesia masih dianggap remeh. Padahal kita sebagai manusia tidak akan pernah tahu apa yang terjadi selanjutnya. Apalagi kita sering mendengar beragam berita tentang perubahan cuaca ekstrem yang […]

Terkadang kita sebagai manusia sering khawatir ketika sedang dalam perjalanan baik sedang travel wisata ataupun bisnis dengan resiko yang kadang kala menghantui kita. Hal ini oleh kebanyakan orang indonesia masih dianggap remeh. Padahal kita sebagai manusia tidak akan pernah tahu apa yang terjadi selanjutnya. Apalagi kita sering mendengar beragam berita tentang perubahan cuaca ekstrem yang saat ini dapat menjadi sebab terjadinya hal yang tidak diinginkan maupun masalah yang diakibatkan oleh human error atau engine error yang cukup menjadi momok menakutkan ketika bepergian dengan menggunakan pesawat terbang ke wilayah jauh semisal ke eropa atau amerika.

premi biaya asuransi perjalanan travel paling murah di indonesia schengen visa eropa Rekomendasi Asuransi Perjalanan Luar Negeri ke Eropa Review

Ada banyak perusahaan asuransi travel di indonesia dengan berbagai variasi harga dan keunggulan yang ditawarkan. Beberapa perusahaan multinasional dan nasional bersaing dengan memberikan pelayanan dan menjual produk mereka masing-masing kepada masyarakat Indonesia. Sebut saja Allianz, AXA Insurance, CIGNA, AIG, Zurich, FWD, ACE Jaya Proteksi hingga perusahaan asuransi nasional indonesia yang menguasai dan famiiliar dengan market indonesia seperti Lippo Insurance, Asuransi Sinarmas, Asuransi Central Asia – ACA, Mega Insurance, Mallaca Trust, dan masih banyak lagi. Pertanyaan selanjutnya adalah mana produk asuransi travel yang anda dapat pilih?

Asuransi Perjalanan ke Luar Negeri Online

Sebelum anda beli asuransi perjalanan ke luar negeri ada baiknya anda mengetahui poin apa yang yang diperlukan dan tidak diperlukan. Jangan sampai anda hanya memilih asuransi perjalanan yang murah namun tidak memiliki benefit yang diperlukan oleh anda ketika situasi sedang genting. Dalam bahasa asuransi hal ini disebut sebagai “jaminan” yang dapat anda peroleh ketika anda mendapatkan polis asuransi untuk travel tersebut.

Sebagai contoh, saya akan memberikan ilustrasi jaminan yang didapatkan oleh pengguna produk asuransi travel overseas yang dikeluarkan oleh PT. Asuransi Sinarmas.

Asuransi Travel Schengen Murah

Asuransi travel di indonesia yang dapat digunakan ke eropa yang merupakan produk PT. Asuransi Sinarmas ialah Asuransi Travel Overseas. Produk ini memiliki jaminan dasar yang cukup bervariatif. Berikut informasi detailnya.

- Perlindungan dari Kecelakaan Diri

Ketika terjadi kecelakaan baik dalam perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang maupun perjalanan ketika berada di negara tujuan. Anda akan diberikan penggantian maksimum sesuai dengan pilihan plan yang anda beli ketika anda mengalami cacat tetap maupun meninggal dunia. Bentuk penggantiannya ialah dalam bentuk santunan yang akan diberikan kepada ahli waris biasanya keluarga seperti istri/suami maupun anak yang tidak terkena resiko.

- Ketidaknyamanan selama perjalanan

Ketika sedang bepergian menggunakan pesawat terbang, terkadang ada saja masalah yang dihadapi sehingga anda merasa tidak nyaman atau malah merasa dirugikan akibat ketidaknyamanan tersebut. Produk asuransi perjalanan bisa menjadi win-win solution apabila anda pernah mengalami kejadian tersebut dan menghindari kejadian itu untuk kedua kalinya. Sehingga anda tidak rugi-rugi amat karena ada asuransi yang mengcover ketidaknyamanan ketika berada di dalam pesawat maupun ketika berada di bandara baik ketika pemberangkatan ataupun transit.

Jenis resiko yang dicover oleh asuransi tersebut diantaranya seperti ketinggalan pesawat selanjutnya gara-gara pesawat yang sebelumnya membawa anda terlambat (baca : delay) mendarat dari jadwal sebetulnya serta tidak ada pesawat alternatif dalam kurun waktu 6 jam berturut-turut, istilah dalam asuransi disebut ketidaksesuaian penerbangan lanjutan.

Asuransi juga mengganti biaya pembuatan paspor ataupun dokumen perjalanan yang hilang disebabkan oleh pencurian, pembongkaran, atau pembongkaran ketika sedang berada di luar negeri. Santunan Pembajakan pesawat apabila dibajak selama 12 jam berturut-turut.

Asuransi mengganti biaya tambahan ketika anda harus memperpendek waktu perjalanan dikarenakan adanya keluarga dalam hal ini istri/suami atau anak anda yang sakit keras, cedera badan, atau meninggal di Indonesia. Hal ini dapat meringankan anda mengingat tiket pesawat yang dibeli pada hari keberangkatan yang sama tergolong cukup mahal dan memberatkan.

Kehilangan deposit akibat pembatalan perjalanan yang dikarenakan hal seperti adanya kerusuhan sipil huru hara atau adanya kerusakan parah pada rumah anda, Adanya kejadian meninggal dunia orang tua, suami/istri, atau anak yang terjadi dalam jangka waktu 10 hari sebelum tanggal berangkat.

Mengcover penggantian biaya dikarenakan keterlambatan perjalanan yang menyebabkan terganggunya jadwal penerbangan anda dengan minimum jangka waktu keterlambatan 6 jam.

Asuransi juga memberikan penggantian biaya untuk membeli barang darurat selama anda dalam perjalanan di luar negeri karena keterlambatan bagasi dengan minimum jangka waktu terlambat 12 jam dari jadwal yang sebenarnya.

Memberikan penggantian biaya dikarenakan kerusakan atau kehilangan bagasi serta harta benda pribadi yang terdapat di dalam bagasi selama perjalanan di luar negeri maksimal sesuai dengan plan yang dipilih.

the best schengen visa indonesian travel insurance to europe Rekomendasi Asuransi Perjalanan Luar Negeri ke Eropa Review

Asuransi Kesehatan Perjalanan ke Luar Negeri

Siapa yang tahu kalau anda ketika akan bepergian baik untuk jalan-jalan maupun untuk urusan pekerjaan akan mengalami kejadian yang tidak diinginkan, misalkan sakit ataupun kecelakaan? Untuk meminimalisir kerugian akibat hal ini. Ada baiknya anda memilih asuransi perjalanan yang memang memberikan benefit cover santunan dan biaya pelayanan medis agar nantinya uang yang anda habiskan untuk biaya perawatan ketika di luar negeri (yang konon cukup mahal) dapat anda klaim reimbursement kepada pihak penyedia asuransi. Sehingga uang anda dapat digunakan untuk membayar biaya perawatan tersebut bisa diganti dan dapat digunakan untuk keperluan lain.

- Santunan dan Biaya Pelayanan Medis akibat sakit atau kecelakaan.

Pihak asuransi akan mengganti biaya perawatan medis di rumah sakit dikarenakan cedera atau sakit yang diderita ketika sedang melakukan perjalanan di luar negeri. Jaminan perawatan medis yang dicover meliputi rawat jalan atau rawat inap. Selain itu, Asuransi juga memberikan penggantian apabila diharuskan perawatan lanjutan ketika anda sampai di indonesia dalam kurun waktu 24 jam serta merupakan lanjutan perawatan inap yang dilakukan ketika sedang berada di luar negeri.

Selain diatas, jaminan yang diberikan oleh pihak asuransi kepada anda diantaranya yaitu biaya pemakaman di luar negeri, santunan tunai harian, biaya pemulangan anak, biaya kunjungan perjalanan, Biaya evakuasi dan repatriasi dan evakuasi medis darurat. Perhatikan dan baca seksama poin diatas pada polis atau tanyakan kepada pihak asuransi sebelum anda mendaftar asuransi travel agar anda dapat memperoleh benefit yang diinginkan.

Selain asuransi yang menjamin penggantian biaya sakit atau kecelakaan ketika dalam perjalanan diatas. Ada juga jaminan perluasan yang dapat diperoleh sesuai dengan pilihan plan yang diinginkan. seperti jaminan penggantian biaya kerugian akibat tindakan terorisme ketika di luar negeri, penggantian biaya perayaan kemenangan ketika sedang bermain golf dan memenangkan hole in one dalam suatu pertandingan golf 18 hole, mengganti biaya kerugian karena kehilangan atau kerusakan peralatan golf yang dibawa ketika dalam perjalanan di luar negeri, reimbursement biaya resiko sendiri yang harus dibayar oleh anda dikarenakan kehilangan atau kerusakan akibat kecelakaan kendaraan yang disewa, mengganti biaya perbaikan rumah dikarenakan kebongkaran atau kebakaran karena ditinggal kosong ketika anda sedang travelling ke luar negeri, mengganti biaya telepon darurat ketika menghubungi layanan emergency assistance, serta mengganti biaya tuntutan dari pihak ketiga ketika anda secara tidak sengaja membuat kerusakan atau luka badan pihak ketiga.

Berapa Harga Asuransi Perjalanan ke Eropa

jikalau kita berbicara tentang premi asuransi travel, tentu sebagai manusia seperti saya, anda, atau orang di sekeliling kita pasti memilih biaya premi yang paling murah. Pertanyaannya adalah apakah dengan premi yang murah tersebut, pihak asuransi pasti memberikan jaminan yang sesuai dengan polis? bisa ya, bisa tidak. Yang paling penting dari memilih produk asuransi perjalanan adalah melihat track record dari perusahaan asuransi itu sendiri. Semakin lama perusahaan asuransi tersebut berdiri, berarti semakin berpengalaman pula mereka menangani klaim – klaim dari tertanggungnya. Semakin berpengalaman melayani customer dengan baik, berarti semakin bagus perusahaan asuransi itu sehingga mampu menjalankan operasionalnya selama belasan atau bahkan puluhan tahun. Tidak mudah menjalankan kegiatan operasional asuransi dalam jangka waktu lama. Hal itu dikarenakan resiko yang sangat besar, dan sewaktu-waktu kapan saja bisa bangkrut alias pailit sehingga tidak mampu membayar klaim yang anda ajukan.

Sebagai contoh, saya akan memberikan simulasi biaya premi asuransi beserta tabel jaminan yang diperoleh dari produk simas travel overseas yang dikeluarkan oleh Asuransi Sinarmas. Alasan saya mengambil contoh dari Asuransi Sinarmas karena memang perusahaan ini sudah cukup lama berdiri (dari tahun 1985, kurang lebih sudah beroperasi sekitar 31 tahun) dan merupakan pemain lama serta perusahaan asuransi umum terbesar di Indonesia.

Tabel Daftar Jaminan Limit Klaim Asuransi Simas Travel Overseas (dalam kurs US Dollar)

PLAN A PLAN B PLAN C PLAN D PLAN E
Cacat Tetap dan Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan
20.000 30.000 40.000 50.000 100.000
Kehilangan Penglihatan Sebelah Mata atau Kehilangan
Anggota Badan
10.000 15.000 20.000 25.000 50.000
Kehilangan Pengliatan Dua Mata atau Kehilangan Dua
atau lebih Anggota Badan
20.000 30.000 40.000 50.000 100.000
Cacat Tetap Total / Permanen
20.000 30.000 40.000 50.000 100.000
Penggantian Ganda dikarenakan Kecelakaan di atas
Pesawat
40.000 60.000 80.000 100.000 200.000
Kerusakan atau Kehilangan Bagasi beserta Harta Benda
Pribadi
500 750 1.000 1.250 2.500
Keterlambatan Bagasi
100 150 200 250 500
Keterlambatan Perjalanan
100 150 200 250 500
Kehilangan Deposit akibat Pembatalan Perjalanan
400 600 800 1.000 2.000
Pengurangan Waktu Perjalanan
600 900 1.200 1.500 3.000
Pembajakan Pesawat
500 750 1.000 1.250 2.500
Kehilangan Dokumen Perjalanan
150 225 300 375 750
Ketidaksesuaian Penerbangan Lanjutan
70 105 140 175 350
Biaya Perawatan medis akibat Kecelakaan atau Sakit
20.000 30.000 40.000 50.000 100.000
Perawatan Lanjutan
2.500
Evakuasi dan Repatriasi Medis Darurat
Sesuai Biaya Sebenarnya
Kunjungan Perjalanan
Tiket Pesawat Kelas Ekonomi
Biaya Pemulangan Anak
Tiket Pesawat Kelas Ekonomi
Santunan Tunai Harian
N/A 750 1.000 1.500
Biaya Pemakaman
15.000
Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
20.000 30.000 40.000 50.000 100.000
Biaya Telepon Darurat
N/A 100 125 250
Perlindungan Rumah
N/A 2.000 2.500 5.000
Biaya Resiko Sendiri Sewa Kendaraan
N/A 100 125 250
Kehilangan atau Kerusakan Peralatan Golf
N/A 100 125 250
Biaya Perayaan Kemenangan Hole in One
N/A 80 100 200
Terorisme
N/A Dijamin

Tabel Daftar Premi Asuransi Simas Travel Overseas (dalam kurs US Dollar)

Individual – Untuk Satu Orang

Lama Travel PLAN A PLAN B PLAN C PLAN D

PLAN E

1-4 Hari 7,5 9 10 11 12
5-6 Hari 16 17 18 19 21
7-8 Hari 21 23 25 27 30
9-10 Hari 25 27 30 33 36
11-15 Hari 26 31 34 37 41
16-20 Hari 36 40 44 48 53
21-25 Hari 41 45 49 54 59
26-31 Hari 45 49 54 60 66
biaya/minggu 7,5 9 10 11,5 12,5

Family – Untuk Satu Keluarga (terdiri dari Bapak, Ibu, Maksimal 3 Orang Anak)

Lama Travel PLAN A PLAN B PLAN C PLAN D

PLAN E

1-4 Hari 14 15 16 17 18
5-6 Hari 23 25 27 29 32
7-8 Hari 31 34 37 41 45
9-10 Hari 37 41 45 49 54
11-15 Hari 43 47 52 57 63
16-20 Hari 53 58 64 71 78
21-25 Hari 59 65 72 80 88
26-31 Hari 70 77 85 94 104
biaya/minggu 10 12,5 15 20 22,5

keterangan : biaya/minggu merupakan biaya premi yang harus dibayar apabila perjalanan lebih dari 31 hari dengan perhitungan premi per minggu setelah 31 hari.

Sekarang saatnya anda untuk memilih plan/paket apa yang akan anda pilih. Itu tergantung dari kebutuhan serta tujuan perjalanan anda. Berikut adalah rekomendasi paket atau plan sesuai dengan negara tujuan anda. Sebenarnya anda dapat menggunakan plan yang mana saja untuk ke negara mana saja. Namun tentu perlu ada perhitungan plus dan minus yang harus anda hadapi ketika berada di negara tujuan.

Plan A dan Plan B merupakan paket rekomendasi asuransi travel paling murah yang cocok untuk aktivitas travelling ke wilayah negara yang tidak terlalu jauh dari indonesia. Selain karena jarak yang dekat serta biaya hidup yang masih tidak berbeda jauh dengan di Indonesia, Resiko juga tidak terlalu besar karena di area regional ini relatif cukup aman dari perang dan kondusif. Sebut saja negara-negara di sekitar Asia Tenggara seperti Thailand, Vietnam, Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina, Kamboja, Laos, Myanmar, Timor Leste, ataupun Papua Nugini.

Plan C dan D merupakan paket travel insurance yang bisa menjadi pilihan anda untuk datang ke negara yang berjarak rentang bervariasi dan biaya hidup yang bervariasi. Iklim dan resiko yang tak menentu dan berbeda dari Indonesia seperti di negara – negara yang terletak di benua afrika, asia selatan, timur tengah, asia timur (kecuali jepang), amerika selatan dan tengah, Eropa non schengen dan Australia.

Afrika : Zimbabwe, Zambia, Uganda, Tunisia, Togo, Tanzania, Tanjung Verde, Swaziland, Sudan Selatan, Sudan, Sierra Leone, Seychelles, Senegal, Sao Tome, dan Principe, Rwanda, Kongo, Afrika Tengah, Pantai Gading, Nigeria, Niger, Namibia, Mozambik, Mesir, Maurutius, Mauritania, Maroko, Mali, Malawi, Madagaskar, Lesotho, Kenya, Kamerun, Guinea Khatulistiwa, Guinea Bissau, Guinea, Ghana, Gambia, Gabon, Ethiopia, Eritrea, Chad, Burundi, Burkina Faso, Bostwana, Benin, Angola, Aljazair, Afrika Selatan, Saint Helena, Sahara Barat, Reunion, Melilla, Mayotte, Madeira, Ceuta, Kepulauan Canary.

Asia Selatan : Maladewa, Sri Lanka, India, Pakistan, Nepal, Bangladesh, Bhutan.

Timur Tengah : Uni Emirat Arab, Yordania, Yaman, Turki, Arab Saudi, Bahrain, Kuwait, Qatar, Lebanon, Oman, Iran.

Asia Timur : Taiwan, China, Korea Selatan, Hong Kong, Macau, Tibet.

Amerika Selatan dan Tengah : Brazil, Argentina, Uruguay, Paraguay, Kolombia, Meksiko, Negara di Kepulauan Karibia, Peru, Guatemala, Panama.

Eropa Non Schengen : Inggris, Russia, Irlandia, Montenegro, Ukraina, Russia, Moldova, Macedonia, kroasia, bosnia herzegovina, belarusia, albania.

Plan E adalah plan paket asuransi yang paling mahal dan cocok digunakan untuk perjalanan di negara maju dengan biaya hidup tinggi. Selain itu, Plan E dapat digunakan sebagai asuransi perjalanan visa schengen murah sebagai salah satu persyaratan yang diminta oleh kedutaan negara yang tergabung di dalam negara – negara schengen yang mewajibkan limit asuransi dengan jaminan kesehatan dan kecelakaan diri minimal 30.000 Euro atau 50.000 US Dollar. Biaya asuransi perjalanan ke eropa ini tergolong cukup rendah bila dibandingkan dengan ongkos serta biaya kerugian apabila terjadi resiko yang tidak diinginkan.

Negara yang sesuai dengan Plan E diantaranya yaitu Amerika Serikat, Jepang, Kanada, Swiss, Swedia, Spanyol, Slovenia, Slovakia, Portugal, Polandia, Norwegia, Belanda, Malta, Luxembourg, Lithuania, Liechtenstein, Latvia, Italia, Perancis, Islandia, Hungaria, Yunani, Jerman, Perancis, Finlandia, Estonia, Denmark, Ceko, Belgia, Austria, Vatikan, San Marino, dan Monako.

Mengurus Asuransi Perjalanan ke Eropa dan Negara Lainnya

Setelah anda melihat tabel daftar harga premi asuransi perjalanan eropa murah dan telah memutuskan plan yang akan dipilih. Saatnya untuk mengajukan aplikasi anda ke pihak asuransi. Berikut adalah persyaratannya :

1. Umur Peserta 17 s/d 80 tahun
2. Punya KTP dan Paspor atau KITAS atau KIMS yang masih valid.
3. Punya Kartu Keluarga apabila peserta lebih dari satu yang mencakup keluarga inti (anak, istri, atau suami)
4. Mengisi Formulir Pengajuan Asuransi

Ada baiknya anda membaca polis asuransi agar mengetahui cara prosedur klaim asuransi perjalanan agar pengajuan klaim anda diterima oleh pihak asuransi. Anda harus melaporkan kecelakaan kepada pihak asuransi secara tertulis dengna jangka waktu maksimal 3 x 24 jam setelah terjadinya resiko. Adapun dokumen yang yang harus anda bawa sebagai bukti klaim diantaranya yaitu sebagai berikut

1. Dokumen Wajib untuk Semua Jenis Klaim
- Kronologis dari peserta
- Surat Kuasa yang ditunjuk
- Salinan Lembar Identitas Diri
- Formulir Klaim yang Telah Diisi
- Salinan Polis.

2. Dokumen tambahan untuk klaim Kehilangan Deposit dan Pembatalan Perjalanan
- Kwitansi asli dari deposit yang sudah dibayar
- Tiket pesawat asli
- Surat keterangan dari Pihak Maskapai

3. Dokumen tambahan untuk klaim Kehilangan harta benda pribadi dan bagasi
- Surat keterangan dari kepolisian setempat
- Surat keterangan dari Pihak Maskapai

4. Dokumen tambahan untuk klaim Cacat Tetap atau Meninggal Dunia akibat dari kecelakaan
- Surat keterangan dari Pihak Maskapai
- Surat keterangan dari Rumah Sakit
- Surat atau Akte Keterangan Kematian

5. Dokumen tambahan untuk Klaim Keterlambatan Bagasi
- Kwitansi asli dari pembelian kebutuhan dasar seperti alat mandi, pakaian.

6. Dokumen tambahan untuk klaim Biaya Perawatan Medis yang disebabkan oleh Kecelakaan
- Salinan Resep obat
- Kwitansi asli atas biaya pengobatan dan perawatab
- Surat keterangan dari rumah sakit
- Surat keterangan dari Pihak Maskapai

7. Dokumen tambahan untuk klaim Pengurangan waktu perjalanan
- Salinan Surat Keterangan Kematian dari anggota keluarga yang meninggal dunia.

Pembayaran klaim akan diproses dalam jangka waktu 14 hari kerja sejak seluruh dokumen telah diverifikasi dan dinyatakan lengkap diterima oleh pihak asuransi. Selain prosedur klaim yang mudah, review simas travel overseas memiliki keunggulan dengan penerbitan polis menggunakan email (biasa disebut epolis) yang mempercepat proses pengiriman hingga sampai diterima oleh anda tidak lebih dari satu hari.

Setelah anda membaca review asuransi simas travel overseas. Apabila berminat untuk mengajukan aplikasi asuransi dapat mengajukannya di website asuransi sinarmas. Atau anda bisa langsung menghubungi kontak yang whatsapp atau sms bila tidak memungkinkan untuk telepon dengan staff call center asuransi sinarmas. Berikut ini adalah nomor whatsapp/sms yang dapat anda hubungi apabila ada pertanyaan tentang asuransi travel sinarmas. 0857 8266 1870 (layanan via whatsapp dapat anda gunakan 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu).

Related Posts