Rumah Sehat, Rumah Idaman

 0
Rumah Sehat, Rumah Idamanby Adminon.Rumah Sehat, Rumah IdamanSetiap orang pastinya mempunyai kriteria rumah idaman masing-masing. Kriteria rumah yang menjadi idaman setiap orang bisa jadi berbeda mulai dari segi gaya atau konsep rumah yang diusung. Ada rumah gaya minimalis sederhana, klasik, modern, hingga rumah mewah. Beberapa orang mungkin mengidamkan rumah di lingkungan pedesaan yang tenang, tetapi sebagian yang lain bisa juga menyukai rumah […]

desain rumah sehat idaman keluarga murah Rumah Sehat, Rumah IdamanSetiap orang pastinya mempunyai kriteria rumah idaman masing-masing. Kriteria rumah yang menjadi idaman setiap orang bisa jadi berbeda mulai dari segi gaya atau konsep rumah yang diusung. Ada rumah gaya minimalis sederhana, klasik, modern, hingga rumah mewah. Beberapa orang mungkin mengidamkan rumah di lingkungan pedesaan yang tenang, tetapi sebagian yang lain bisa juga menyukai rumah di area perkotaan yang ramai. Dimana pun dan apapun konsep rumah yang menjadi idaman Anda tentu tidak boleh terlepas dari unsur kata rumah bersih. Hal ini jelas penting artinya karena rumah adalah sebuah hunian yang tidak hanya berfungsi sebagai tempat melepas lelah saja. Sebuah rumah juga berfungsi sebagai tempat membangun kehidupan keluarga yang sejahtera dan sehat. Untuk itulah sebuah rumah yang menjadi idaman setiap keluarga haruslah rumah yang sehat.

Memiliki rumah idaman yang sehat dan nyaman ditinggali bersama keluarga kini sudah menjadi suatu kebutuhan tersendiri. Hal ini karena rumah sehat memiliki potensi meningkatkan derajat kesehatan setiap penghuninya. Adapun guna memiliki rumah sehat, sebelum membangun sebuah rumah Anda harus memikirkan sematang mungkin mengenai tata letak, disain rumah, dan segala macam hal yang terkait proses pembangunan. Bila Anda ingin membeli rumah yang sudah siap huni, Anda tetap harus jeli dan memperhatikan benar apakah rumah tersebut sudah memenuhi kriteria sebuah rumah sehat atau belum. Dengan demikian, Anda sebagai calon penghuni rumah harus mengantongi info terkait kriteria rumah sehat yang semestinya.

Rumah yang megah dengan desain unik memang memikat. Sebagai pemilik rumah pastinya ada kepuasan tersendiri memiliki rumah megah nan unik. Namun jika kesehatan rumah tidak terjaga, kualitas kesehatan penghuninya bisa terancam. Penghuni rumah bisa sakit-sakitan. Kondisi ini tentu tidak diinginkan siapa pun karena tanpa kesehatan apa artinya memiliki rumah megah yang tidak dapat dinikmati keindahannya. Inilah mengapa membangun rumah sehat sebaiknya menjadi pedoman utama dalam mewujudkan rumah idaman Anda. Sebuah rumah yang memenuhi kriteria rumah sehat tentunya juga menjadi satu solusi ampuh mencegah penularan penyakit di dalam lingkungan rumah, sehingga kualitas kesehatan Anda dan keluarga dapat senantiasa ditingkatkan. Lantas kira-kira bagaimana kriteria rumah sehat itu?

Kriteria Rumah Sehat

Rumah sehat sebenarnya tidak harus selalu bergaya rumah mewah besar. Rumah sederhana bisa juga menjadi rumah sehat yang layak huni asalkan dari kondisi fisik baik di dalam atau di lingkungan sekitar rumah mendukung penghuni di dalamnya mendapat kesehatan secara optimal. Jika Anda memiliki bangunan rumah yang cukup besar, hal tersebut bisa menjadi satu nilai tambah bagi rumah sehat idaman. Adapun sebuah rumah idaman dikatakan rumah sehat jika memiliki beberapa kriteria sebagai berikut ini:

• Kontruksi Bangunan Baik

Sebuah rumah sehat harus memiliki kontruksi dan pondasi yang kuat serta aman bagi penghuninya. Kontruksi dan pondasi kuat ini bisa Anda peroleh dengan memilih bahan-bahan bangunan berkualitas. Bahan-bahan berkualitas yang digunakan sebaiknya bahan bangunan yang awet dan memudahkan dalam perawatan. Selain itu bahan material bangunan yang Anda pilih harusnya juga tahan banting dengan setiap kondisi cuaca, baik panas atau hujan. Hal ini mengingat Indonesia adalah negara beriklim tropis dengan 2 musim. Adapun rumah idaman yang sehat juga harus memiliki letak yang tepat. Sebagai contoh, rumah yang menghadap timur cenderung mendapat paparan sinar matahari pagi dalam jumlah optimal. Tentu letak rumah seperti inilah yang dikatakan tepat mengingat sinar matahari pagi memiliki manfaat bagi kesehatan terutama anak-anak yang masih dalam usia pertumbuhan.

• Sirkulasi Udara Lancar

Rumah yang sehat adalah rumah yang memiliki sirkulasi udara lancar. Hal ini untuk memaksimalkan udara bersih di dalam rumah. Udara yang bersih jelas penting mengingat salah satu kebutuhan pokok manusia adalah oksigen untuk bernafas. Jika sirkulasi udara di rumah idaman Anda lancar, tentunya kondisi di dalam rumah sejuk dan tidak terlalu panas meski tidak menggunakan pendingin ruangan. Oleh karena itu, guna mendukung sirkulasi udara yang baik dan lancar usahakan memiliki ventilasi cukup untuk pertukaran udara. Hal ini dapat diupayakan dengan cara menempatkan jendela pada posisi terbaik, sehingga setiap sudut ruangan memiliki sirkulasi udara dan cahaya optimal. Ruangan yang sehat yaitu memiliki pertukaran udara dan cahaya maksimal, karena ruangan yang gelap dan pengap cenderung menjadi sarang bakteri penyebab penyakit.

• Rumah Bersih

Rumah sehat pastinya rumah yang bersih. Kebersihan sendiri menjadi satu bagian dari kesehatan. Jadi bila rumah idaman Anda adalah rumah sehat, pastikan rumah tersebut memenuhi standar bersih suatu rumah. Kebersihan rumah harus senantiasa dijaga supaya bebas dari debu, kotoran, dan asap yang mungkin mengganggu kesehatan penghuni di dalamnya. Demi menjaga kebersihan rumah, tidak ada salahnya Anda melakukan kerja bakti bersama anggota keluarga setiap periode waktu tertentu. Tentunya dengan tetap diimbangi dengan bersih-bersih rumah setiap hari.

• Persediaan Air Bersih Cukup

Rumah sehat yang menjadi rumah idaman seharusnya juga mendukung persediaan air bersih dalam jumlah cukup. Air bersih tidak dipungkiri menjadi satu kebutuhan pokok manusia yang menuntut untuk dipenuhi. Kebutuhan air bersih sangat crucial. Air bersih dibutuhkan untuk keperluan memasak, mandi, mencuci, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, sarana dan prasarana yang berkaitan dengan penyediaan air bersih harus dipastikan dapat memenuhi kebutuhan air harian penghuni.

• Sanitasi Rumah Baik

Satu kriteria rumah sehat selanjutnya agar menjadi rumah idaman yaitu rumah memiliki sanitasi baik. Adapun sistem sanitasi rumah yang dimaksud meliputi sistem pembuangan sampah rumah tangga yang memenuhi standar kesehatan. Sampah rumah tangga yang dihasilkan dari aktivitas harian hendaknya dapat diolah sebaik mungkin. Hal ini supaya sampah tersebut tidak membuat kotor lingkungan di dalam atau di sekitar rumah. Untuk itu coba pisahkan sampah yang dapat didaur ulang dan tidak. Pisahkan sampah kaleng, plastik, dengan sampah bahan makanan yang mudah membusuk. Tempat sampah seharusnya juga diletakkan di posisi yang tepat, tertutup, dan terhindar dari air. Tujuannya tidak lain supaya tidak mengganggu aktivitas harian di rumah baik dari segi pemandangan atau bau.

• Lingkungan Rumah Aman

Rumah yang sehat hendaknya juga mendukung keamanan bagi penghuninya. Oleh sebab itu, sebuah rumah harus dibangun dengan perhitungan matang yang mempertimbangkan bentuk dan fungsi. Keamanan yang dimaksud di sini juga mencakup keamanan lingkungan rumah. Dengan mengoptimalkan keamanan di lingkungan rumah harapannya dapat meminimalisir kemungkinan kecelakaan yang tidak diharapkan.

Itulah beberapa kriteria rumah sehat yang harus menjadi perhatian ketika Anda berencana membangun sebuah rumah idaman. Dengan memiliki rumah sehat, derajat kesehatan Anda dan keluarga dapat ditingkatkan. Sekian info kali ini. Selamat menyusun rencana dan memulai pembangunan rumah impian Anda. Semoga sukses.

Related Posts