Tips Asuransi yang Bagus Untuk Sepeda Motor

 0
Tips Asuransi yang Bagus Untuk Sepeda Motorby Adminon.Tips Asuransi yang Bagus Untuk Sepeda MotorAsuransi kendaraan khususnya sepeda motor saat ini semakin diminati oleh masyarakat. Sebab dengan makin bertambahnya berbagai jenis kendaraan bermotor di Indonesia maka semakin banyak pula risiko yang dihadapi. Banyaknya kendaraan tersebut pastilah akan menyebabkan padatnya lalu lintas di jalan raya. Kondisi tersebut tentunya akan memicu meningkatnya kecelakaan sepeda motor yang menimbulkan kerugian baik korban meninggal […]

Asuransi kendaraan khususnya sepeda motor saat ini semakin diminati oleh masyarakat. Sebab dengan makin bertambahnya berbagai jenis kendaraan bermotor di Indonesia maka semakin banyak pula risiko yang dihadapi. Banyaknya kendaraan tersebut pastilah akan menyebabkan padatnya lalu lintas di jalan raya. Kondisi tersebut tentunya akan memicu meningkatnya kecelakaan sepeda motor yang menimbulkan kerugian baik korban meninggal maupun luka-luka pada pengendaranya serta kerusakan pada sepeda motornya. Ditambah lagi dengan maraknya kriminalitas seperti aksi pencurian dan begal motor yang akhir-akhir ini sering kita saksikan di televisi. Maka dengan alasan itulah masyarakat menyadari tentang manfaat asuransi sepeda motor, dan mulai mencari asuransi motor yang bagus dan terpercaya.

asuransi kendaraan bermotor terbaik di indonesia 2015 300x199 Tips Asuransi yang Bagus Untuk Sepeda Motor

Tips Memilih Perusahaan Asuransi Motor yang Bagus Kaskus

Dengan memiliki asuransi motor, maka anda tidak perlu merasa cemas dan khawatir jika sewaktu-waktu motor anda mengalami kerusakan, kecelakaan, maupun kehilangan akibat dari suatu kejadian. Hal-hal negatif tersebut setiap orang pastinya tidak ingin mengalaminya, tetapi kehidupan ini adalah panggung peristiwa dimana kita tidak dapat mengetahui dan menghindari berbagai macam skenario yang telah ditetapkan Sang Pencipta kepada manusia. Oleh karena itu melakukan antisipasi sejak dini adalah cara yang cerdas untuk menciptakan keamanan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yaitu dengan cara mengasuransikan sepeda motor anda kepada asuransi motor terbaik pilihan anda. Berikut ini adalah tips memilih asuransi motor yang bagus dan terpercaya:

Asuransi Motor Allrisk Terbaik dan Terbagus

1. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya
Agar mendapatkan asuransi motor yang bagus dan benar-benar dapat dipercaya, maka sebelum menjatuhkan pilihan pada salah satu perusahaan asuransi, maka hendaknya anda mengumpulkan terlebih dahulu berbagai informasi yang berkaitan dengan perusahaan asuransi, baik dari internet, brosur-brosur, maupun surat kabar. Melalui media-media tersebut bandingkan kelebihan dan kekurangan dari berbagai fasilitas yang ditawarkan perusahaan asuransi tersebut. Pelajari juga berbagai komplain atau keluhan yang ditujukan kepada pihak perusahaan asuransi tertentu yang mungkin dibahas pada forum-forum di media online. Anda juga dapat menanyakan langsung kepada teman-teman anda yang pernah atau sedang menggunakan asuransi motor dari suatu perusahaan tentang kualitasnya, termasuk info mengenai asuransi motor allrisk terbaik dan bagus.

2. Pilih perusahaan asuransi yang bonafid
Untuk memilih asuransi motor yang bagus maka anda harus memperhatikan bonafiditas dari perusahaan asuransi tersebut. Pilihlah perusahaan asuransi motor terbaik yang memang sudah ahli dibidangnya. Cari informasi apakah perusahaan tersebut sudah mempunyai cabang diberbagai wilayah atau tidak. Banyaknya cabang juga menunjukkan bonafid tidaknya suatu perusahaan serta kemudahan menemukan kantor cabangnya saat ingin mengurus klaim asuransi. Selain itu anda dapat memeriksa rasio penyelesaian klaim oleh perusahaan asuransi, apakah setiap keluhan atau pengaduan klaim dapat diselesaikan dengan baik.

biaya harga asuransi all risk untuk motor honda yamaha suzuki adira 300x199 Tips Asuransi yang Bagus Untuk Sepeda Motor

Asuransi Kendaraan Motor Terbaik Syariah

3. Mencari informasi pada dealer
Selain mencari informasi dari media, anda juga perlu menanyakan kepada dealer resmi tempat anda membeli motor tentang asuransi motor yang bagus dan berkualitas. Sebab biasanya dealer motor sudah berpengalaman menjalin kerjasama dengan perusahaan asuransi dan banyak berhubungan dengan berbagai konsumen yang kemungkinan berkonsultasi tentang asuransi motornya. Sehingga informasi dari dealertersebut dapat menjadi salah satu pertimbangan anda untuk memilih perusahaan asuransi yang tepat.

4. Memilih jenis asuransi sesuai keadaan motor
Sebelum memutuskan untuk memilih perusahaan asuransi motor yang bagus, anda harus memahami tentang jenis asuransi yang ditawarkan. Pada dasarnya, ada 2 jenis asuransi motor, yaitu TLO (Total LostOnly) dan Allrisk. Asuransi TLO merupakan jenis asuransi yang menjamin risiko pada kerugian tertentu yang dibatasi, antara lain yaitu karena motor hilang akibat dicuri atau dirampas, serta saat terjadi kecelakaan yang menyebabkan kerusakan motor lebih dari 75%. Sedangkan asuransi All Risk merupakan jenis asuransi yang menjamin semua jenis risiko kerugian, seperti kerusakan kecil (lecet), kerusakan besar karena kecelakaan, huru-hara, bencana, maupun risiko kehilangan. Sebagai tips, anda dapat memilih asuransi jenis TLO jika motor anda harganya kurang dari 30 juta rupiah, dan anda dapat memilih asuransi jenis Allrisk jika motor anda harganya lebih dari 30 juta rupiah. Untuk jenis Allrisk, pastikan perusahaan asuransi benar-benar menjamin semua risiko kerugian dan pilihlah asuransi motor allrisk terbaik dan bagus.

5. Ketersediaan bengkel yang menjadi rekanan
Hal yang tak kalah penting dalam memilih asuransi motor yang bagus yaitu ketersediaan bengkel yang menjadi rekanan perusahaan asuransi tersebut, jumlahnya banyak atau tidak serta mudah dijangkau atau tidak. Hal ini ditujukan agar ketika anda mengalami kerusakan motor maka anda dengan mudah dapat mencari bengkel yang menjadi rekanan perusahaan asuransi tersebut sehingga proses klaim pun akan menjadi lebih mudah.

6. Perhatikan kualitas pelayanannya
Kualitas pelayanan adalah termasuk pertimbangan utama dalam menentukan asuransi motor yang bagus. Hal yang dapat diperhatikan antara lain keramahan petugas dalam melayani pelanggannya, fasilitas layanan hotline 24 jam, fasilitas mobil derek gratis, maupun kemampuan dan kecepatannya dalam menyelesaikan setiap klaim dari pelanggannya. Anda juga dapat memperhatikan sertifikat penghargaan dari Pemerintah maupun institusi independen yang menunjukkan bahwa suatu perusahaan tersebut merupakan perusahaan asuransi motor terbaik.

7. Pertimbangkan besarnya premi
Dalam memilih asuransi motor yang bagus, perhatikan juga besarnya premi yang ditawarkan. Jangan mudah tergiur oleh penawaran premi yang sangat murah, cek dulu fasilitas layanan yang diberikan. Cari informasi tentang harga premi rata-rata atau yang masih dianggap wajar. Tetapi anda juga jangan begitu saja menjatuhkan pilihan pada harga premi yang mahal, yang paling penting adalah sesuaikan dengan kemampuan keuangan anda, jangan sampai memberatkan anda dan keluarga. Harga premi pada asuransi jenis allrisk tentunya lebih mahal daripada harga premi TLO, oleh karena itu pilihlah asuransi motor allrisk terbaik dan bagus.

Cara Melakukan Klaim Asuransi Adira Finance

Untuk melakukan klaim asuransi hal yang harus diperhatikan adalah tentang cakupan apa saja yang dapat dijamin oleh asuransi anda tersebut. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi kesalahan klaim. Buka kembali dokumen kesepakatan awal tentang resiko kerugian yang dijamin oleh perusahaan asuransi anda. Agar mudah dan cepat dalam pengurusan klaim, maka jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan atau kehilangan motor, laporkan dengan segera kepada pihak asuransi. Jangan menunda-nunda waktu, laporkan secepat mungkin paling lambat selama 3 X 24 jam sejak terjadinya suatu peristiwa/kejadian. Kemudian siapkan semua berkas-berkas untuk pengajuan klaim, seperti fotocopy SIM, KTP, STNK, data polis, kronologis kejadian, maupun identitas orang yang terlibat dalam kejadian kecelakaan. Untuk kasus kehilangan, maka bersiaplah untuk mengurus surat kehilangan dari kepolisian.

Pelajari proses/alur perusahaan asuransi anda dalam menyelesaikan klaim dari pelanggan. Perusahaan asuransi motor yang bagus pasti akan menerapkan sistem aturan kinerjanya secara profesional. Ikuti alur tersebut dan pastikan bahwa proses yang dilakukan oleh perusahaan asuransi anda sudah sesuai dengan alur sistem yang telah dibuat. Pantau terus perkembangannya dan pastikan bahwa perusahaan asuransi anda menyelesaikan klaimnya dengan cepat. Biasanya klaim yang anda ajukan akan cair dalam waktu kurang lebih 2 minggu setelah anda memasukkan berkas pengajuan. Selain itu anda juga perlu menghindari tindakan-tindakan yang menyebabkan suatu klaim asuransi ditolak. Tindakan tersebut antara lain melanggar rambu-rambu lalu lintas atau ugal-ugalan di jalan raya, modifikasi motor yang menimbulkan bahaya, mengemudikan motor dalam keadaan mabuk, dan sebagainya.

Harga Biaya Premi Asuransi untuk Motor All Risk

Produk asuransi motor terbaik di indonesia saat ini cukup banyak variasinya, contohnya seperti total lost only / all risk kehilangan, yang merupakan perlindungan utama maupun dengan tambahan seperti layanan derek, bengkel/rekanan yang ditunjuk, kejadian banjir atau bencana alam lainnya, kerusuhan huru hara, biaya pengobatan, kecelakaan diri, ataupun tuntutan pihak lain.  Bila anda bertanya asuransi motor yang bagus apa, maka jawabannya perusahaan asuransi motor yang memiliki layanan semacam ini diantaranya yaitu ACE Jaya Proteksi, Adira Insurance, Lippo Insurance, Asuransi Sinarmas, Asuransi Abda, Zurich, AXA, dan ACA Insurance. Dengan premi termurah mulai dari 300 ribu pertahun dengan perlindungan minimal untuk sepeda motor biasa hingga motor gede seperti harley davidson.

Untuk lebih jelasnya klik disini untuk melihat perbandingan produk asuransi baik dari harga maupun perlindungan yang diperoleh dari seluruh perusahaan asuransi motor di Indonesia.

Related Posts